Pemimpin Bulog Kanwil Sulteng, David Susanto saat memantau kegiatan pasar murah di aula Hunian Tetap (Huntap), Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kamis 1 November 2022. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Kantor Wilayah Sulawesi Tengah menyatakan ketersediaan stok pangan menjelang hari natal dan tahun baru 2023 sangat mencukupi.

Hal tersebut disampaikan Pemimpin Bulog Kanwil Sulteng, David Susanto saat memantau kegiatan Pasar Murah di Aula Hunian Tetap (Huntap), Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kamis, 1 November 2022.

Ia mengungkapkan bahwa stok beras yang tersedia saat ini di Gudang Bulog total jumlahnya kurang lebih sebanyak 8 ton, terdiri dari beras CBP/PSO sekitar 6 ton dan sisanya beras komersial 2 ton.

“Sementara gula pasir yang ada sebanyak 311 ton, minyak goreng 1.000 ton lebih, daging ayam 1 ton setengah, tepung terigu 42 ton, bawang merah 25 ton, bawang putih 26 ton, telur ayam 30 ton, mentega 3.144 picis,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini tidak ada kesulitan mengenai bahan pangan. Artinya, kata dia, ketersediaan kebutuhan pokok yang dijual di pasar tradisional maupun modern semua masih merata terpenuhi di masyarakat.

“Baik pedagang kecil dan besar semua masih banyak yang menjual berbagai komoditas unggulan. Sedangkan untuk tingkat harga memang terpantau alami kenaikan, tapi itu tidak berpengaruh terlalu signifikan,” katanya.

Selain itu, pihaknya mengintensifkan kegiatan operasi pasar komoditas pangan strategis dalam rangka menekan terjadinya kenaikan harga akibat tingginya permintaan jelang natal dan tahun baru (nataru).

“Kegiatan operasi pasar akan terus diintensifkan untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat selalu tersedia dan tercukupi. Pada prinsipnya stok pangan di Bulog sangat aman menghadapi Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas