Gubernur H Rusdy Mastura mendapat penjelasan tentang peta bencana di Sulteng di ruang pameran UPT Taman Budaya dan Museum Sulteng, Kamis (1/12). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura mengatakan sejarah kebencanaan di Sulteng penting untuk diketahui para siswa di daerah ini. Dengan pengetahuan itu akan menjadi bagian dari mitigasi untuk mengurangi dampak risiko bencana.

Gubernur mengatakan itu dalam sambutannya membuka Pameran Khusus Kebencanaan di Sulawesi Tengah yang digelar UPT Taman Budaya dan Museum Sulteng, Kamis (1/12).

Gubernur mengatakan Provinsi Sulawesi Tengah merupakan daerah yang rawan bencana sehingga dibutuhkan mitigasi untuk mengurangi dampak risiko.

‘’Melalui pameran ini dapat dijadikan sebagai media untuk berbagi informasi terkait capaian dan pembelajaran upaya pengurangan risiko bencana,’’ kata Gubernur.

Pembukaan pameran ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur sebelum masuk ke ruang pameran. Setelah itu Gubernur bersama sejumlah pejabat Pemprov Sulteng melihat peta-peta terkait bencana alam di Bumi Tadulako. Saat peninjauan Gubernur mendapat penjelasan dari pejabat UPT Taman Budaya dan Museum Sulteng.

Pameran kebencanaan ini mendapat respons positif dari para siswa. Pantauan media ini siswa dari beberapa SD dan SMP di Kota Palu tampak antusias melihat pameran tersebut.

Mereka mendapat pengetahuan tentang kebencanaan dari tulisan-tulisan yang ada di peta bencana Sulteng. Mereka juga mendapat penjelasan dari petugas pameran.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas