Dr Abidin Djafar. (Foto: Dok Metrosulawesi)
  • Persiapan Buka Prodi dan Fakultas Umum

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu, Prof. Dr. Abidin Djafar mengungkapkan, UIN Datokarama Palu saat ini mulai merekrut tenaga pengajar untuk diangkat sebagai dosen tetap non-PNS, sebagai bentuk persiapan membuka program studi dan fakultas umum.

“Salah satu tujuan penerimaan dosen tetap non-PNS yakni sebagai persiapan pembukaan fakultas umum dan prodi umum di lingkungan UIN Datokarama Palu dalam waktu dekat ini,” kata Abidin, melalui ponselnya, belum lama ini.

Abidin mengatakan, UIN Datokarama Palu saat ini sedang mempersiapkan pembukaan Fakultas Kesehatan, Fakultas Kedokteran, dan fakultas sains. Olehnya itu, UIN Palu mulai merekrut tenaga pengajar sesuai dengan kebutuhan fakultas tersebut.

“Tenaga pengajar dosen yang dibutuhkan oleh UIN Palu adalah Dosen Astronomi Islam, dengan kualifikasi strata dua ilmu falak, astronomi, dan astronimi Islam. Kemudian, Dosen Teknik Informatika dengan kualifikasi dosen yang dibutuhkan meliputi strata dua teknik informatika, dan S2 ilmu komputer. Dosen teknik informasi dengan kualifikasi S2 sistem informasi dan S2 ilmu komputer,” jelasnya.

Berikutnya, kata dia, Dosen Kesehatan Masyarakat kualifikasi pendidikan S2 kesehatan masyarakat dan S2 ilmu kesehatan. Dosen Kesehatan Lingkungan, kualifikasi yang dibutuhkan S2 kesehatan lingkungan.

“Selanjutnya Dosen Ilmu Gizi kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan S2 ilmu gizi, Dosen Manajemen Keuangan dengan kaulifikasi pendidikan S2 manajemen keuangan/S2 manajemen pemasaran. Kemudian Dosen Farmasi, kualifikasi yang dibutuhkan S2 farmasi,” ujarnya.

Menurut Abidin, UIN Palu telah mengeluarkan pengumuman resmi atas perekrutan tersebut, yang tertuang dalam pengumuman tentang seleksi penerimaan dosen tetap bukan PNS di lingkungan UIN Datokarama Palu.

“Pengumuman dan pendaftaran mulai dibuka pada Jumat 5 November 2021, dan penerimaan berkas pendaftaran mulai 8–9 November, pengumuman hasil seleksi administrasi pada 11 November 2021,” ungkapnya.

Abidin mengatakan, peserta yang dinyatakan lulus administrasi, akan mengikuti tahapan seleksi kompetensi dasar pada 13 November 2021. Kemudian, peserta yang lulus seleksi SKD berhak untuk mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan wawancara.

“Perekrutan itu untuk menambah jumlah dosen yang mengajar pada prodi eksisting di lingkungan UIN Datokarama Palu, serta untuk pemenuhan keseimbangan antara jumlah mahasiswa dengan jumlah dosen. Hal ini telah mengacu pada Renstra IAIN Palu dilanjutkan di masa UIN Datokarama Palu,” katanya.

Olehnya itu Abidin berharap, seleksi ini dapat diikuti oleh calon dosen yang berniat baik, total, fokus, taat, ikhlas, dan siap mengembangkan serta mengabdikan dirinya menjadi tenaga pengajar putra putri bangsa di perguruan tinggi UIN Datkarama Palu jika dinyatakan lulus.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas