BANTUAN - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Dr. drh. Didik Budjianto, M.Kes menyerahkan secara simbolis bantuan alat pelindung diri (APD) dalam penanganan Schistosomiasis kepada Wabup Sigi, Samuel Y Pongi. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Y Pongi, melakukan rapat koordinasi (rakor) bersama┬áDirektur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dr. drh. Didik Budjianto, M.Kes, terkait penanggulangan Schistosomiasis di Kabupaten Sigi, bertempat di Aula Kantor Bupati Sigi, Rabu, 22 September 2021.

Wabup Sigi, Samuel dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait upaya eliminasi schistosomiasis di Sigi.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi saat ini telah membuat master plan penanganan eliminasi penyakit schistosomiasis yang nantinya juga direncanakan akan dibuatkan Peraturan Bupatinya,” kata Wabup.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi berharap dengan master plan yang telah dirancang ini nantinya Pemerintah Pusat melalui Kemenkes maupun Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan untuk dapat membantu dalam hal penganggarannya.

“Karena kami sangat membutuhkan dukungan, baik moril maupun materi. Mengingat Kabupaten Sigi yang memiliki keterbatasan dalam hal pendanaan. Terlebih pada kondisi saat ini dalam masa pandemi Covid19,” ujarnya.

Lanjutnya, melalui rapat kordinasi ini, besar harapan kita semua dapat berkomitmen dan memiliki plan dan tujuan dalam eliminasi schistosomiasis di Kabupaten Sigi.

Direktur Didik Budjianto mengatakan bahwa kasus penyakit schistosomiasis di Asia Tenggara saat ini hanya ada di Sulawesi Tengah yaitu di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso. Ia berharap dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk menangani dan eliminasi penyakit schistosomiasis atau penyakit demam keong ini.

Dalam kesempatan itu, Kementerian Kesehatan melalui Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik menyerahkan secara simbolis bantuan alat pelindung diri (APD) dalam penanganan Schistosomiasis kepada Pemerintah Kabupaten Sigi. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, dr. I Komang Adi Sujendra, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sigi, Roland Franklind, serta Balai Litbangkes Donggala.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas