Gubernur H Rusdy Mastura mengikuti rapat virtual tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional, yang digelar Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rabu (22/9). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Danau Poso di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah termasuk salah satu dari 15 danau di Indonesia yang masuk dalam program penyelamatan danau prioritas nasional. Selain dilakukan pemerintah, investor yang berinvestasi di Provinsi Sulteng diminta berkontribusi dalam penyelamatan Danau Poso.

Hal itu disampaikan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat memimpin rapat virtual tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional, Rabu (22/9). Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura yang mengikuti rapat virtual dari ruang kerjanya menyampaikan beberapa hal kepada Menko Luhut.

‘’Visi misi dan program prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah adalah percepatan pengembangan potensi danau dalam hal pembangunan infrastruktur lingkar Danau Poso serta penataan pesisir Danau Poso dari eceng gondok, serta program pemberdayaan masyarakat yang ada di sekitar Danau Poso,’’ kata Gubernur.

Menko Luhut pun menyahuti penjelasan Gubernur Rusdy Mastura.

“Saya percayalah dengan Pak Rusdi,’’ kata Menko.

Luhut pun berharap agar perusahaan yang berinvestasi di Sulawesi Tengah agar berkontribusi dalam penyelamatan dan pengembangan Danau Poso ke depan.

Sesuai Perpres No 20 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional, penyelamatan danau prioritas nasional merupakan upaya untuk mengendalikan kerusakan, menjaga, memulihkan, dan mengembalikan kondisi dan fungsi badan air danau, daerah tangkapan air, dan sempadan danau, sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Dalam Perpres tersebut Presiden Jokowi menetapkan 15 danau prioritas nasional yang ditetapkan berdasarkan sejumlah kriteria. Di antaranya, danau tersebut mengalami tekanan dan degradasi kerusakan di daerah tangkapan air danau, kerusakan sempadan, hingga kerusakan badan air danau. Pula memiliki nilai strategis ekonomi, ekologi, sosial budaya, dan ilmu pengetahuan. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas