REGISTRASI - Tampak peserta SKD CPNS Kemenkumham melakukan registrasi untuk mengikuti tes hari keempat, Rabu 22 September 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham masih berlangsung di Gedung IT Center Universitas Tadulako. Pada hari keempat, Rabu 22 September 2021, tercatat 20 peserta SKD tidak bisa mengikuti tes.

“Ada 20 orang peserta yang tidak dapat mengikuti seleksi dikarenakan datang terlambat,” terang Panitia Seleksi Kemenkumham, Abraham Hariyanto.

Hariyanto menyebut sebagai panitia seleksi pihaknya telah memberi arahan dan wejangan arti disiplin waktu kepada peserta yang terlambat. Diketahui, pada hari ke empat hujan melanda Kota Palu sejak pagi hari.

Namun bagi peserta yang lain, hujan tersebut tidak menghalangi untuk hadir tepat waktu guna mengikuti tes SKD. Tidak hanya peserta, panitia seleksi juga jauh lebih awal menghadiri tempat pelaksanaan tes.

“Kami tetap antusias dalam melaksanakan tugas di tengah cuaca yang kurang bersahabat,” ucapnya.

Panitia mengatur barisan peserta agar selalu menjaga jarak dari awal masuk tempat seleksi, tahapan seleksi hingga akhir seleksi agar tidak terjadinya kerumunan, mengingat seleksi diadakan di tengah pandemi Covid-19.

Sebelumnya, gangguan massal jaringan internet dan pemadaman listrik menghambat berbagai aktivitas, salah satunya pelaksanaan seleksi CPNS Kemenkumham di Kota Palu pada Senin 20 September 2021. Namun gangguan tersebut sigap ditangani panitia seleksi CPNS Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Ombudsman Perwakilan Sulteng menyampaikan apresiasi kepada panitia seleksi CPNS Kemenkuham. Kepala Perwakilan Ombudsman, Sofyan Farid Lembah, menerima penjelasan resmi dari Kadiv Administrasi Kanwil Hukum dan Ham Sulawesi Tengah, Buhazir Zamda R, yang juga selaku Ketua Panitia Seleksi CPNS Kemenkumham Sulteng.

Panitia Kemenkumham Sulteng mengambil kebijakan dengan melakukan penggantian vendor jaringan dengan menggunakan icon+ dari PLN. Pemasangan jaringan icon+ dari PLN selesai pada pukul 22.00 WITA.

“Penjelasan di atas menujukkan Panitia Daerah mempunyai langkah antisipasi permasalahan yang tepat dan ini bagus tidak merugikan peserta test CAT yang terkena dampak gangguan internet dan listrik,” ujar Sofyan melalui keterangan tertulis, Selasa 21 September 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas