Mappatunru Usman, ST MT. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)
  • Hanya 14 Desa dan 8 Kelurahan yang Belum Lunas

Poso, Metrosulawesi.id – Pemerintah desa dan kelurahan di Poso yang lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pedesaan dan Perkotaan (P2) sebelum jatuh tempo berhak mendapatkan penghargaan dan dana insentif dari Pemerintah Kabupaten.

Hal itu sebagai wujud apresiasi dari Pemkab Poso  terhadap penyelenggara pemerintahan desa yang telah menunjukkan kinerja dan sinergitas yang baik dengan pemerintah kecamatan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso Mappatunru Usman, ST, MT  mengatakan, wujud sinergitas yang baik antara pemerintah desa dengan pemerintah kecamatan ditunjukkan dengan lunasnya pembayaran PBB-P2 tahun 2021 sebelum jatuh tempo. Itu juga sebagai indikator keberhasilan pembangunan di desa maupun kelurahan.

“Dengan demikian, lunasnya PBB-P2 sama artinya dengan memperlancar jalannya pembangunan di Kabupaten Poso. Makanya kita patut apresiasi kinerja yang baik dalam pelunasan PBB-P2 bagi pemerintah desa serta kelurahan,  kata Mappatunru Usman, kepada Metrosulawesi,  Kamis 6 Januari 2022.

Dijelaskan Mappatunru, perangkat desa dan kelurahan  dan warga yang kompak menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan.

Ke depan, diharapkan kekompokan antara pemerintah desa dengan pemerintah kecamatan hingga pemerintah kabupaten dapat terjalin erat.

“Itulah bentuk dari kebersamaan dalam menjalankan tugas dan kinerja yang saling mendukung dan saling mengisi. Kami optimistis apabila itu bisa dipertahankan, maka jalannya roda pembangunan akan berjalan dengan lancar untuk kesejahteraan rakyat,” ucapnya.

Ditambahkan Mappatunru, saat ini Pemkab Poso  berkomitmen menerapkan manajemen terbuka dan digitalisasi layanan masyarakat, khususnya pembayaran pajak.

Lanjut dikatakan Kepala Badan Pendapatan Daerah Poso ini, data terakhir yang diperoleh dari realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan PBB-P2, dari 19 kecamatan yang ada di Poso, yakni kecamatan Poso kota, yang belum lunas yakni kelurahan Gebangrejo dan Kayamanya, kecamatan Poso Kota Utara, yakni Kelurahan Bonesompe dan Lawanga, kecamatan Poso Kota Selatan, yakni kelurahan Ranonuncu.


Sementara untuk kecamatan Lage, yakni desa Watuawu, Toyado dan Malei, untuk kecamatan Poso Pesisir Selatan yakni desa Dewua, kecamatan Pamona Utara diantaranya desa Kuku, kelurahan Sawidago dan kelurahan Petirodongi, kecamatan Puselemba, yakni kelurahan Sangele dan desa Wera.

Selanjutnya yang juga belum melunasi PBB P2 untuk kecamatan Pamona Tenggara yakni desa Tolambo, kecamatan Lore Tengah diantaranya desa Baleura, Doda, Lempe, Hanggira serta Bariri, untuk kecamatan Lore Selatan adalah desa Runde serta kecamatan Lore Barat yakni desa Tuare.

Praktis sebanyak 14 desa dan 8 kelurahan di Poso yang belum melunasi PBB P2 dari  jumlah desa 142 dan kelurahan 28 yang berada di Poso.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas