dr Taufan Karwur, M.Kes. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Jumlah warga Poso yang telah menerima vaksinasi Covid-19 telah berhasil menembus 70,45 persen.

Persentase ini telah memenuhi target minimal yang diinstruksikan oleh pemerintah pusat sebelumnya yakni sebesar 70 persen, hingga di penghujung tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dr.Taufan Karwur mengatakan, target di atas 70 persen tersebut tentu merupakan hal yang sangat mengembirakan bagi Pemda Poso termasuk semua stakeholder terkait yang selama ini telah bekerja keras dalam mewujudkan target vaksinasi nasional.

“Hasil yang kita lihat hari ini tidak terlepas dari kerja keras luar biasa yang sudah ditunjukkan oleh semua pihak, mulai dari Pemda Poso serta semua stakeholder yang ada. Utamanya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Poso yang sudah menyadari akan pentingnya vaksinasi. Poso saat ini sudah melampaui  di atas 70 persen, data ini sudah sejak hari Jumat, 31 Desember 2021,” tegas Taufan Karwur kepada wartawan, Minggu 2 Januari 2022.

Selaku Kepala Dinas Kesehatan,  juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Poso, Sekdakab Poso, Kapolres Poso, Dandim 1307 Poso, Kajari dan lembaga seperti BIN Daerah Sulteng, alumni ITB, dan sejumlah organisasi masyarakat yang telah mensupport, sehingga pencapaian beban target vaksinasi di Kabupaten Poso, bisa tercapai sebagaimana yang diharapkan.

“Yang terutama juga kepada semua Puskesmas dan tenaga vaksinator yang tak kenal lelah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Yang sudah bersinergi menyiapkan vaksinasi dan tenaga medis. Juga kepada gerai gerai vaksinasi yang dibuka Polres Poso di sejumlah wilayah. Karena meski hari libur pelayanan vaksinasi tetap berjalan. Semuanya bahu membahu dan bekerja sangat keras dan luar biasa,” terangnya.

Ditambahkan dr.Taufan Karwur, dalam satu bulan terakhir, capaian vaksinasi di Kabupaten Poso melebihi 20 persen.

“Karena biasanya dalam satu bulan rata rata pencapaian kita antara 5 hingga 10 persen. Namun dalam satu bulan terakhir ini kita semua benar benar kerja keras sehingga bisa mencapai 20 persen lebih khusus bulan Desember ini,” tandasnya.

Kendati begitu, Pemda Poso menurutnya, masih terus mengejar target 30 persen pada tahun 2022 mendatang.

“Kita harapkan sisa yang 30 persen bisa tercapai pada tahun 2022 mendatang. Sehingga tahun depan, semua warga Kabupaten Poso 100 persen sudah divaksin. Karena dengan vaksinasi maka akan terbentuk herd imunity masyarakat, sehingga akan terhindar dari ancaman virus covid-19,” imbuhnya.

Reporter: Syaiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas