Abdullah Burhanuddin, S. Sos. (Foto: Istimewa)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Camat Baolan Abdullah Burhanuddin S Sos mengingatkan kepada semua lurah yang ada di lingkungan satuan kerjanya jika menerima dan menangani suatu pengaduan dari warga entah itu perkara pidana maupun perdata janganlah bersikap seperti hakim di pengadilan. Menurutnya tugas lurah hanya sampai sebatas mediasi dan tidak lebih.

“Pernah ada kejadian di salah satu kelurahan beberapa waktu lalu menerima laporan pengaduan warga terkait sengketa lahan,namun lurah itu memutuskan dan menenangkan salah satu pihak,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (23/11/2021).

Dia mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan oleh lurah itu sudah melanggar aturan yang ada. Ditambahkan jika dia (Camat Baolan) pernah memediasi suatu persoalan sengketa lahan di Kelurahan Baru. Namun antara sipelapor dan terlapor kala itu saat di pertemukan  tidak ada titik temu dan dirinya mempersilakan kedua pihak untuk melanjutkan persoalan tersebut ke pihak yang berkompeten dalam mengurusi persoalan hukum. Camat Baolan Abdullah Burhanuddin menjelaskan jika dia bersama beberapa stafnya juga sering turun mengunjungi beberapa  Kantor kelurahan dan memberikan pengarahan kepada Lurah untuk lebih bersikap netral dalam menangani setiap  laporan yang masuk terutama dalam urusan sengketa lahan.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas