KECEWA - Pelatih Sulut United, Jaya Hartono (tengah) didampingi kapten (Kanan) saat memberi keterangan pers usai bertemu Persipal BU pada lanjutan liga 2 wilayah timur di Stadion Gawalise Palu, Minggu (04/09/2022). (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)

Palu, Metrosulawesi.id – Pelatih Sulut United, Jaya Hartono, menyesalkan kepemimpinan wasit kala menghadapi Persipal BU pada lanjutan liga 2 wilayah timur di stadion Gawalise Palu, Minggu (05/09/2022). Tim berjuluk Hiu Utara harus takluk di kandang Persipal dengan skor tipis 1-0.

Jaya Hartono menyebut, banyak keputusan Wasit yang kontroversial dan berat sebelah. Hal ini, kata dia, berpengaruh terhadap permainan Sulut United yang di awal babak pertama menguasai jalannya permainan.

“Apalagi kalau bola sudah di daerah kami, itu pelanggara sedikit saja, tapi kalau kami di dalam kotak penalti (Perdipal) sedikitpun dia tidak pernah memberi kartu atau freekick  buat kami, sehingga kami selalu mengalah selalu menerima keputusan wasit. Tapi keputusan kontroversial ini banyak yang merugikan kami,” ucapnya.

Menurut Jaya Hartono, asisten wasit 1 juga tidak fokus terutama dalam memberikan keputusan lemparan ke dalam bagi Persipal BU atau Sulut United. Dia menyebut bola yang seharusnya dilempar oleh pemain mereka malah diputuskan jadi milik persipal.

“Hal-hal inilah yang membuat kami sedikit tertekan, sedikit sangat hati-hati, apalagi untuk berduel satu lawan satu. Akhirnya kehatian-hatian ini dimanfaatkan oleh lawan,” katanya.

Selain itu, ia juga menyayangkan proses terjadinya gol Persipal di saat ada pemainnya ada yang terkapar.

Menurutnya, itu harus jadi freekick buat Sulut, namun wasit memutuskan tetap melanjutkan pertandingan hingga gol dicetak oleh Murdaim di menit ke 90.  Meski begitu, Jaya Hartono mengaku tidak menyalahkan wasit atas kekalahan mereka dari Persipal. Akan tetapi keputusan kontroversial sangat disayangkan karena membikin jatuh mental pemain Sulut United .

“Selamat kepada Persipal, keberuntungan ada di mereka karena di menit-menit akhir 90+1 persipal bisa mencetak Gol,” kata Jaya Hartono.

Kekecewaan yang sama juga dilampiaskan Kapten Sulut United, Maranando Lasut. Ia mengakui skuadnya bermain dalam keadaan tertekan setelah keputusan yang kerap dianggap kontroversial.

“Dari luar kita bisa rasakan, wasit sangat membantu sekali Persipal, ” ujarnya.

“Persipal good, gol bagus, tapi wasit kurang ajar, ” tandasnya. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas