Home Palu

Minim Penerangan, Jembatan Jati Terkesan Seram

MINIM PENERANGAN JALAN - Suasana Jembatan Jati pada malam hari. (Foto: Metrosulawesi/ Faiz)

Palu, Metrosulawesi.id – Keamanan dan keselamatan adalah alasan utama ketika menggunakan kendaraan apapun jenisnya di jalanan.

Melewati jembatan, salah satu bagian tak terpisahkan dari jalan, seorang pengendara harus lebih berhati-hati agar tak jatuh ke jurang atau sungai yang menganga.

Keadaan ekstra hati-hati itulah yang harus dilakukan pengendara saat melintasi jembatan yang menghubungkan dua kecamatan di Kota Palu, Sulawesi Tengah yaitu Jembatan Jalan Jati, Kelurahan Nunu, Kecamatan Palu Barat, dan Kelurahan Tavanjuka Kelurahan Tatanga.

Malam hari, pengendara yang melintasi Jembatan Jati akan disambut suasana sengkak atau seram. Bukan karena makhluk halus atau setan penyebabnya, bukan. Tetapi jalan yang bertikung tajam dari arah Nunu tanpa ada satupun penerang di sisi kiri maupun kanan jalurnya.

Bahkan kira-kira sepanjang 20 meter arah Nunu, terus melewati jembatan, hingga memasuki kawasan Tavanjuka sekitar 15 meter panjangnya, suasana nihil penerang tersuguhkan di jembatan itu. Kecuali lampu kendaraan anda sedang baik-baik saja, tentu beda topik.

Belum selesai dicengkeram rasa seram Jembatan Jati, aspal rusak pada beberapa titik serta dua ujung jembatan yang tak lagi rata dengan jalan, otomatis menjadi semacam sinyal untuk peduli terhadap kondisi itu, bagi sesiapa saja yang memang nantinya tergugah dirinya untuk peduli.

Apalagi Jembatan Jati merupakan jalur kecil di sudut kota, tetapi punya peran penting menghubungkan masyarakat dari kompleks pemukiman Kecamatan Tatanga menuju pusat kota saban hari. Belum lagi masyarakat dengan rutinitasnya di perkotaan lebih dari cukup membuat Jembatan Jati berfungsi ekstra. Bagaimana jika guru sudah membolehkan siswa-siswinya bersekolah jika pagebluk virus corona berakhir? Mari kita menanti kepedulian siapapun orang atau pihak, demi mengatasi “Jembatan Jati yang Tercengkeram Seram” itu.

Reporter: Faiz
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas