Home Ekonomi

DJPb Sulteng Catat Realisasi DD Capai 84%

29
Irfa Ampri. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kanwil Sulawesi Tengah mencatat realisasi penyaluran Dana Desa (DD) tahap I dan II 2020 telah mencapai 84 persen dari pagu anggaran.

Hal itu dikatakan Kepala Kanwil DJPb Sulteng, Irfa Ampri kepada Metrosulawesi di kantornya Jalan Tanjung Dako Kota Palu, Selasa (20/10/2020). Secara nominal, lanjutnya, alokasi DD Sulteng sebanyak Rp1,59 triliun diperuntukkan kepada 10 kabupaten di Sulteng dengan rincian sebanyak 1.842 desa.

“Angka ini menunjukkan responsifnya desa dalam pelaksanaan pencairan, mengingat saat ini DD dibutuhkan dan diprioritaskan untuk Bantuan Langsung Tunai sesuai aman pemerintah pusat sebanyak 72,73 persen dari pagu anggaran,” katanya.

Dirinya menlanjutkan, berdasarkan data dari DJPb Kanwil Sulteng, seluruh desa telah merealisasikan sebanyak Rp433 miliar untuk BLT DD dari pagu 72,73 persen tersebut (Rp902 miliar).

“Sisa dari BLT DD itu, harus digunakan untuk pelaksanaan program awal yaitu cash for work, infrastruktur dan lain-lain,” tutur Irfa Ampri.

Kabupaten Tojo Una-una menjadi daerah yang telah merealisasikan 100 persen DD dari pagu mereka yang tersedia. Dirinya berharap, pemerintah desa memanfaatkan DD dari pemerintah pusat sesuai instruksi.

“Sejak awal mereka memang sangat aktif, kami mendorong daerah lain mencontoh mereka dan Kabupaten Banggai sebanyak 95,69 persen dari pagu mereka sebanyak Rp234.192.000.000,” katanya.

Namun demikian, seluruh daerah telah masuk kategori bagus dalam pelaksanaa realisasi. Rerata realisasi, kata dia, telah mencapai angka 80 persen. Hal tersebut cukup ideal mengingat 2020 masih menyisahkan beberapa bulan lagi.

“Hanya Kabupaten Poso dan Kabupaten Donggala yang dibawah 80 persen, tapi sudah mendekati. Masing-masing memiliki realisasi sebesar 79,7 persen dan 77,45 persen,” katanya.

“Yang jadi prioritas saat ini memang di BLT. Kami mengharapkan pemerintah desa dengan teliti dan cepat menyalurkan bantuan untuk masyarakatnya dimasa pandemi ini,” sambungnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas