Home Banggai Kepulauan

BPBD Bangkep Imbau Warga Waspadai Akibat Cuaca Buruk

33
ILUSTRASI - Banjir dan longsor. (Foto: Ist/ coreccto.id)

Bangkep, Metrosulawesi.id Kepala BPBD Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Lasata Sahata, menghimbau, warga yang tinggal di area rawan banjir dan longsor tetap waspada atas berbagai ancaman yang timbul akibat tingginya intensitas hujan beberapa pekan terakhir ini.

Ditemui awak Metrosulawesi.id di kantornya, senin (1/8/2020), Lasata menjelaskan, himbauan itu ia sampaikan mengingat banjir dan longsor yang telah melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bangkep pekan lalu.

“Selain itu, kita mengacu pada prakiraan BMKG. Menurut data perkiraan mereka musim hujan ini akan berakhir september ini” sebut Sahata.

Olehnya itu, lanjut Sahata, beberapa wilayah di Bangkep yang masuk kategori rawan bencana banjir dan longsor, pihaknya telah mengirim himbauan juga peringatan melalui pemerintah desa, agar warga tetap waspada atas akibat berbagai akibat buruk intensitas curah hujan yang terjadi saat ini.

“Kita juga di BPBD selalu siaga satu kali 24 jam. Apalagi dalam kondisi rawan bencana seperti ini. Pas lebaran itu kan, Kabid kedaruratan kan turun langsung di beberapa tempat banjir dan longsor” ujar Lasata.

Selai itu, kata Lasata, komunikasi dengan pihak Basarnas Kabupaten Banggai terus ia lakukan untuk siaga ketika terjadi terjadi peristiwa yang lebih buruk dari yang ada saat ini.

Adapun beberapa desa di Bangkep terdampak banjir dan longsor sebut Lasata, diantaranya, Desa Palabatu 2, Alul, Bone Puso, Balombong, dan Kolak. Sedangkan Malanggong dan Manggalai hanya berupa Rob dan belum masuk kategori banjir.

“Sementara ini para warga yang rumahnya terdampak banjir masih mengungsi di rumah keluarga mereka yang tidak kena dampak secara langsung atas peristiwa itu” jelas Sahata

Atas peristiwa itu, pihaknya telah mendistribusi bantuan berupa bahan makanan instan kepadawarga yang terdampak di sejumlah desa tersebut.(*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas