Home Palu

Ansyar: Kita Harap Kreativitas Kepsek

39
Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, mengatakan, untuk menggerakkan aktivitas belajar mengajar, baik itu secara daring ataupun luring, dibutuhkan peran aktif kepala sekolah untuk menggerakkan gurunya.

“Karena fasilitas untuk guru telah disiapkan melalui dana BOS, misalnya paket data, paket telepon, dan pulsa, bahkan telah disiapkan juga dana transportasi untuk mengunjungi peserta didik di rumah masing-masing,” kata Ansyar, belum lama ini.

PPDB telah berakhir, Ansyar mengimbau kepada sejumlah sekolah untuk segera melakukan aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), baik dengan memanfaatkan fasilitas daring maupun luring berbentuk modul pembelajaran yang diberikan langsung ke peserta didik.

“Pembelajaran tahun ajaran baru Juli-Desember berdasarkan Surat Edaran Gubernur Sulteng masih tetap dilaksanakan secara daring dan luring, hal ini tergantung kesiapan sekolah dan peserta didiknya, kalau ada yang siap sarana prasarana daringnya, peserta didiknya juga siap silahkan, tetapi kalau misalnya memberatkan peserta didik itu, silahkan luring,” jelasnya.

Menurut Ansyar, banyak modul-modul pembelajaran saat ini yang dibagikan, baik dari Kemendikbud RI dan pihak lain.

“Namun jika misalnya secara luring juga tidak mampu siswa terapkan, dengan alasan karena tidak memiliki sarana seperti hp dan sebagainya, maka bisa manual dengan kita bagikan buku ke peserta didik itu untuk dipelajarinya selama di rumah,” ungkapnya.

Ansyar mengatakan, yang merasa berat memiliki ponsel tetapi susah menyiapkan pulsa atau data, silahkan terapkan luring saja. Tetapi pihak sekolah harus proaktif untuk mengunjungi atau melihat perkembangan peserta didik, khususnya yang duduk di kelas satu.

“Kita harapkan cuma satu, kreatifitas kepala sekolah, agar proses pembelajaran bisa lebih maksimal, lebih efektif, yang penting ada fasilitasnya sehingga tidak ada lagi alasan guru yang tidak melakukan tugasnnya,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas