Home Sulteng

Lima Positif, Satu Diantaranya Meninggal

32
dr Jumriani Yunus. (Foto: Ist)
  • Update Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19 di Sulawesi Tengah, bertambah lima orang. Dari lima PDP yang terjangkit virus Corona, seorang diantaranya meninggal dunia.

Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-10 Sulteng, merelease penanganan dan pencegahan pandemic Covid-19, Sabtu (4/7/2020), menyebutkan  PDP yang meninggal dunia adalah  warga yang berdomisili di Kabupaten Morowali.

Dengan bertambahnya PDP yang meninggal dunia, maka jumlah warga Sulteng yang meninggal akibat terjangkit virus Corona kini berjumlah enam orang. Sedangkan PDP yang terkonfirmasi positif Covid-19 kini berjumlah 191 orang. Ketambahan PDP yang positif Covid-19 berasal dari Kota Palu satu orang, dan tiga orang berasal dari Kabupaten Banggai.

Diketahui PDP yang meninggal adalah  Hj Patmawati SE, M.Si (56), Sekertaris Dewan DPRD Kabupaten Morowali, beralamat Desa Bahomante Kec. Bungku Tengah.

Juru bicara Covid-19 Sulteng-Dinkes Provinsi Sulteng, dr. Jumriani, dalam release yang disampaikan ke publik, menguraikan kronologis meninggalnya PDP yang meninggal di Morowali.

Adapun riwayat perjalanan Patmawati, tanggal 10 Juni 2020 melakukan perjalanan ke luar daerah yakni ke Aceh untuk menghadiri acara pernikahan keluarga, dan kemabli ke Morowali  17 Juni 2020.

Sejak kembali, yang bewrsangkutan beberapa hari terakhir mengalami gangguan kesehatan, namun tidak menunjukkan gejala Covid-19.  Meski mengalami gangguan kesehatan Patmawati  tidak bersedia dirawat di rumah sakit,  sehingga oleh keluarga dirawat di rumah.

Pada tanggal  2 Juli 2020, urai Jumriani, kondisi Patmawati memburuk sehingga  persiapan untuk dirujuk Ke RSUD Morowali. Namun belum sempat dirujuk, pada pukul 21.45 Wita, pasien dinyatakan meninggal dunia.

Lebih jauh Plt Kadis Kesehatan Sulteng ini, mengungkapkan dengan melihat riwayat perjalanan Patmawati,   dari luar daerah,  Gugus Tugas Covid -19 dilakukan Swab, 3 Juli 2020, sekitar pukul  01.00 Wita, dan swab dibawa ke Palu pukul 03.00 WITA untuk dilakukan pemeriksaan.

 Atas bantuan dari pihak Dinkes Provinsi Sulteng dan UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulteng, konfirmasi hasil pemeriksaan swab diperoleh pada pukul 16.00 wita via telepon dan WA dan dinyatakan positif, sehingga proses pemakaman jenazah dilalsanakan dengan standar Covid-19 oleh gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Morowali.

Kondisi penanganan Covid-19  di Kabupaten Morowali sampai dengan Sabtu (4/7/2020),   total pasien terkonfirmasi positif sebanyak 14 orang. dua  meninggal dunia.

Sementara itu, pasien PDP di Sulteng yang dinyatakn sembuh setelah menjalani perawatan tim medis bertambah dua orang. Kedua pasien yang telah bebas dari virus Corona itu masing-masing dari Kabupaten Banggai dan Parigi Moutong, dan totoal keseluruhan  warga Sulteng yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 161 orang. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas