Home Palu

KPU Palu Evaluasi Pemilu 2019

187
KPU Kota Palu mengevaluasi pelaksanaan Pemilu serentak 2020. (Foto: Ist)
  • Sambut Pilkada 2020

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu mengevaluasi pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2019. Hasil evaluasi ini dijadikan masukan untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Kota Palu.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, saat membuka evaluasi Pemilu 2019, Selasa 6 Agustus 2019 mengatakan, kekuarangan yang terjadi selama pelaksanaan Pemilu 2019 akan disampaikan ke KPU RI untuk menjadi masukan pada pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Agussalim tidak menafikkan masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraan Pemilu kemarin, apalagi Kota Palu mengalami musibah bencana alam yang sempat melumpuhkan seluruh kegiatan Pemilu, padahal saat itu KPU baru launching kampanye serentak Pemilu 2019.

“Segala masukan dalam evaluasi ini akan kami sampaikan kepada KPU RI untuk menjadi bahan perbaikan pada Pilkada serentak 2020,” tutur Agussalim.

Dalam rapat evaluasi itu, banyak hal disampaikan perserta terturtamanya dari perwakilan partai politik. Salah satu poin masukkan yakni distribusi surat surat suara, karena pada Pemilu 2019 banyak masyarakat tidak mendapatkan surat suara.

Perbaikan DPT juga mandapat perhatian serius, sebab masih banyak warga yang sudah meninggal namun tidak terhapus dalam DPT. Di Pilkada 2020, peserta berharap KPU benar-benar selektif dalam hal DPT.

Sosialisasi juga perlu diperbaiki, jika selama ini yang selalu diundang dalam sosialisasi adalah petinggi partai atau pejabat, kedepan KPU diminta melibatkan RT dan RW. Pasalnya, RT dan RW merupakan ujung tombak yang sangat mengenal warganya. Terkait dengan masukan itu, KPU Kota Palu akan merekomendasikan kepada KPU RI agar pelaksanaan Pilakda Kota Palu 2020 berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas