Home Palu

Kemenag Mulai Seleksi Petugas Haji

215
SELEKSI PETUGAS HAJI - Peserta seleksi petugas haji tahun 2019 M/1440 H saat mengerjakan soal ujian di Aula Namirah Asrama Haji Transit Palu, Senin, 25 Februari 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id –  Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah bersama Kemenag kab/kota menggelar seleksi (rekruitmen) gelombang pertama petugas yang akan menyertai jamaah haji tahun 2019 M/1440 H, Senin, 25 Februari 2019.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulteng, Lutfi Yunus mengungkapkan, seleksi tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dan digelar di beberapa lokasi yang telah ditentukan oleh masing-masing kantor Kemenag kabupaten dan kota serta Kanwil Kemenag.

“Kanwil Kemenag Sulteng menindaklanjuti jadwal yang ditetapkan oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI untuk melaksanakan rekruitmen gelombang pertama petugas haji yang terdiri dari Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi,” kata Lutfi.

Lutfi mengungkapkan, tercatat yang mengikuti tes rekruitmen petugas haji saat ini untuk tingkat Kanwil Kemenag Sulteng sebanyak 16 orang, terdiri dari 4 orang TPIH, 3 orang TPIHI dan 9 orang untuk PPIH Arab Saudi.

“Peserta yang mengikuti seleksi ini terdiri dari Aparatur Sipil Negera (ASN) Kemenag Sulteng, Organisasi Masyarakat (Ormas), dan Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

Lutfi mengatakan sebelumnya para peserta ini telah melalui seleksi administrasi atau kelengkapan berkas.

“Seleksi petugas haji di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng masih berbasis kertas dan pensil atau ujian tertulis,” ujarnya.

Untuk seleksi tahap kedua, kata Lutfi, peserta akan digabung secara keseluruhan dari kabupaten/kota dan tingkat Kanwil Kemenag, dan dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2019. Tahap kedua ini merupakan tahap akhir yang menentukan siapa saja yang berhak menjadi petugas TPIH,TPIHI maupun PPIH Arab Saudi.

“Untuk pemeriksanaan soal ujian diserahkan sepenuhnya kepada Kanwil Kemenag Sulteng, khususnya di Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, begitupun soal yang berada di tiap kabupaten/kota,” katanya.

Lutfi mengaku telah mengirim supervisor dari Kanwil Kemenag di tiap Kemenag kabupaten/kota untuk bertangungjawab atas keamanan soal, serta hasil seleksi yang dikerjakan oleh peserta. 

“Dari seleksi tersebut nantinya, akan direkrut 5 orang ketua kloter, 5 orang TPIHI dan masing-masing satu orang PPIH Arab Saudi layanan umum dan PPIH Arab Saudi layanan ibadah,” katanya. (*)

Reporter: Moh. Fadel

Ayo tulis komentar cerdas