Home Sulteng

Pelayanan KB Daerah Tertinggal Perlu Perhatian

244
SAMBUTAN - Plt Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng Tenny C Soriton memberikan sambutaan saat kegiatan Forum Komunikasi Peningkatan Kemitraan Dalam Penggarapan KBKR di DPTK, Miskin Perkotaan dan Sasaran Khusus (KB Pria) di Palu, 11-12 Februari 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Pelayanan KB di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan Terluar (DTPK) perlu perhatian. Plt Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng Tenny C Soriton mengungkapkan terdapat sejumlah permasalahan pelayanan KB, dalam hal ini kontrespsi di DTPK.

“Permasalahan pelayanan kontrasepsi di DTPK yaitu kurangnya kualitas sumber daya manusia, keterbatasan infrastruktur, transportasi, sarana kesehatan, pendidikan, telekomunikasi dan listrik,” ungkap Tenny saat kegiatan Forum Komunikasi Peningkatan Kemitraan Dalam Penggarapan KBKR di DPTK, Miskin Perkotaan dan Sasaran Khusus (KB Pria) di Palu, 11-12 Februari 2019.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Tenny mengatakan diperlukan strategi yang tepat dalam pelaksanaan pelayanan KB di DTPK. Salah satu strategi yang harus digunakan yaitu membangun jejaring kemitraan dengan Bhabinkamtibmas kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.

“Dengan begitu jumlah kesertaan KB di DTPK dapat meningkat, termasuk kesertaan KB pria,” ujar Tenny.

Pelayanan KB sendiri dikatakannya masuk menjadi salah satu isu strategis dalam pelaksanaan RPJMN BKKBN 2015-2019. Dalam RPJMN ditetapkan peningkatan akses dan kualitas pelayanan KB yang merata, dan pembinaan kesertaan KB di DTPK serta KB pria.

Hal itu dangat penting untuk dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan ber KB terjangkau dan universal, yang juga merupakan bagian dari pemenuhan hak-hak reproduksi sebagaimana tercantum dalam kesepakatan ICDP di Cairo tahun 1994.

Tenny menambahkan dalam upaya mewujudkan sasaran dan target, BKKBN tidak dapat bekerja sendiri. BKKBN harus berupaya mengembangkan jejaring kemitraan di kabupaten/kota.

“Peran mitra sangat strategis dalam mewujudkan terselenggaranya program KKBPK secara umum dan program KB secara khusus,” tandas Tenny.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas