MENDAFTAR CALEG - Bupati Donggala Kasman Lassa akhirnya mendaftarkan diri di KPUD sebagai Caleg untuk DPRD Donggala dari PAN pada pileg 2024 mendatang. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – DPRD Donggala segera memproses pengunduran diri Kasman Lassa dari jabatannya sebagai Bupati Donggala. Sesuai peraturan, DPRD akan segera mengagendakan rapat paripurna pemberhentian Kasman Lassa.

“Sebelum paripurna pemberhentian Bupati, kita Banmus dulu, menentukan waktu atau jadwal paripurna, tunggu saja pasti dikabari,” kata Ketua DPRD Donggala, Takwin, Senin 10 Juli 2023.

Rapat Paripurna DPRD Donggala dengan agenda pemberhentian Bupati Kasman Lassa itu harus segera dilakukan, mengingat Kasman sudah mengajukan pengunduran diri, untuk memenuhi syarat pengajuan sebagai calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Proses tahapan pencalegan saat ini sudah memasuki tahapan pencermatan terhadap sejumlah dokumen yang diajukan bakal caleg oleh KPU Donggala. Pencermatan dilakukan terhadap semua berkas calon tersebut dalam Silon KPU.

Yang menarik, Kasman Lassa satu-satunya caleg DPRD Donggala Dapil 1 (meliputi Banawa dan Banawa Tengah) yang paling akhir mendaftar karena harus lebih dulu mengajukan surat pernyataan mundur dari jabatan bupati.

Sehingga secara otomatis bupati sudah masuk dalam daftar BCAD dan sudah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Bupati, maka di dalam ketentuan UU 23 Tahun 2014 pasal 78 ayat 1 huruf (b) disebutkan bahwa kepala daerah atau wakil kepala daerah yang berhenti karena (b) permintaan sendiri (mengundurkan diri), maka pada pasal 79 ayat (1) disebutkan lebih lanjut agar pemberhentian kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

Sehingga atas keadaan tersebut di atas, maka DPRD harus segera melaksanakan rapat paripurna pemberhentian kepala daerah dan segera melanjutkan proses tersebut kepada Gubernur untuk pengurusan SK Pemberhentian Bupati sekaligus mengangkat Wakil Bupati untuk menjalankan sisa masa bakti Bupati Donggala.

Selain itu, pada proses pendaftaran caleg Bupati Kasman Lassa dalam aturan pengajuan proses pendaftaran caleg bagi seorang kepala daerah harus memiliki surat pengunduran diri sebagai kepala daerah, kemudian surat tanda terima dari pimpinan DPRD Donggala.

Namun pada pendaftaran bupati Donggala Kasman Lassa minggu kemarin surat tanda terima pimpinan DPRD tidak diketahui unsur pimpinan DPRD.

Tetapi menurut Ketua KPUD M Unggul yang dikonfirmasi Senin kemarin mengatakan surat tanda terima dari pimpinan DPRD sudah diterimanya.

“Mungkin melalui Sekwan, surat tanda terima dari pimpinan DPRD sudah kami terima,” ucapnya.

Padahal dalam aturan sangat jelas surat tanda terima dari DPRD harus unsur pimpinan bukan sekretariat atau sekwan.

“Kalau KPUD melihat normatif, jika dokumen berkas perbaikan sesuai regulasi kita proses, kan tahapan masih panjang,” tutupnya.

Sebelumnya Bupati Donggala Kasman Lassa pada saat mendaftar caleg di KPUD Ahad sore kemarin mengatakan majunya sebagai caleg sempat menjadi pro kontra.

“Saya tidak mau mengomentari hal lain terkait pendaftaran caleg. Yang ada saja dikejar, tapi pasti,” singkatnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas