Ketua DPRD Sulteng, Hj Nilam Sari Lawira saat menyampaikan sambutan pada acara resesnya di Kabupaten Donggala, Ahad 18 Juni 2023. (Foto: Istimewa)

Donggala, Metrosulawesi.id – Pada reses masa persidangan III tahun ke-4 tahun 2023, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Dr.Hj. Nilam Sari Lawira,SP.,MP (NSL) memberikan bantuan kepada sejumlah masjid yang berada di desa Kavaya, kabupaten Donggala.

Selain itu, ia juga mendengar aspirasi warga untuk disampaikan kembali kepada pemerintah.

Ketua DPRD Sulawesi Tengah Nilam Sari Lawira mengatakan, reses adalah sebuah kebijakan yang sudah diatur dalam Undang-undang dengan tujuan bertemu masyarakat, mendengar, dan mendorong serta mengawal aspirasi itu agar bisa direalisasikan oleh pemerintah daerah.

“Kami setiap empat bulan sekali dalam setahun, ada tiga kali reses, diatur Undang-undang bahwa anggota DPRD harus melakukan kerja di luar gedung bertemu konstituen yaitu pemilih kita. Setiap ada reses, masyarakat wajib mengikuti agar bisa menyampaikan pendapat atapun usulan kepada wakil rakyatnya,” kata Nilam Sari Lawira di hadapan masyrakat desa Kavaya, Minggu (18/06/2023).

Dalam reses kali ini masyarakat meminta perbaikan masjid, pembangunan TPA,pembangunan sekolah dan meminta diberikan bantuan dalam bidang pertanian serta peternakan.

Soal insfrastruktur, kata Nilam Asri, banyak warga yang menginginkan perbaikan masjid, pembangunan TPA, pembangunan sekolah menengah atas (SMA) serta pasar di wilayah mereka. Selain itu mereka juga meminta bantuan dibidang pertanian dan peternakan, yang diperuntukkan bagi sejumlah kelompok di desa tersebut.

“Saya bisa langsung merealisasikan beberapa permintaan seperti perbaikan masjid dan pembelian kursi, namun untuk permintaan pembangunan TPA, sekolah dan pasar belum bisa direalisasikan secara langsung. Karena itu membutuhkan proposal yang harus ditelaah dengan cermat, apalagi ini menggunakan uang negara” katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, selain saya, kader Partai NasDem lainnya juga bisa dimintai bantuan selama itu merupakan hal yang positif. Apalagi bila kader tersebut telah memiliki jabatan di parlemen, wajib membantu masyarakat. Agar setiap tindakan maupun kegiatan yang dilakukan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

Ketua DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah ini memastikan sejumlah aspirasi warga tersebut akan ditindaklanjuti olehnya. Terlebih lagi, di DPRD Provinsi Sulawesi Tengah memiliki anggaran untuk merelasiasikan aspirasi masyarakat.

“Kita punya anggaran untuk merealisasikan permintaan masyarakat sepanjang yang diminta bisa dilakukan dan sesuai dengan pos anggarannya,” ujarnya.

Pihaknya selaku wakil rakyat pun berkomitmen untuk mendorong aspirasi itu agar bisa diwujudkan.

“Kita menampung, membawa, dan berupaya mendorong aspirasi itu sendiri,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, antusias warga untuk mengikuti kegiatan reses juga tinggi. Hal ini terlihat dari peserta reses yang hadir melebihi jumlah undangan yang diberikan kepada warga. (*)

Ayo tulis komentar cerdas