KONFERENSI PERS - Timsel Anggota KPU 10 kabupaten kota di Sulteng menggelar konferensi pers di salah satu hotel di Palu, Jumat (5/5/2023). (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)

Palu, Metrosulawesi.id – Jumlah perempuan yang lolos 10 besar calon anggota KPU di 10 kabupaten kota di Sulawesi Tengah masih minim. Bahkan, ada satu kabupaten yang tidak memiliki keterwakilan perempuan.

“Tolitoli tidak ada perempuan yang lolos 10 besar,” kata Sekretaris Timsel Anggota KPU Sulteng 2, Muhammad Marzuki dalam konferensi pers di salah satu hotel di Palu, Jumat (5/5/2023).

Menurutnya, dalam seleksi ini pihaknya tetap memperhatikan keterwakilan perempuan 30 persen. Namun, jumlah perempuan yang ikut seleksi memang minim.

Sementara itu di daerah lainnya, dari 10 yang lolos ada yang mencapai 3 orang seperti di Poso. Namun, lebih banyak yang hanya satu orang.

“Soal 30 persen keterwakilan perempuan, itu memperhatikan. Tapi, minat perempuan juga masih minim,” katanya.

Sementara itu, di lima kabupaten lainnya yang masuk Sulteng 1 masing-masing memiliki keterwakilan perempuan, walaupun masih minim juga. Hanya Morowali Utara yang tiga perempuan. Sedangkan 4 kabupaten lainnya masing-masing hanya 1 orang.

Diketahui, Sulteng 1 terdiri atas KPU Kabupaten Banggai, KPU Kabupaten Banggai Kepulauan, KPU Kabupaten Banggai Laut, KPU Kabupaten Morowali, dan KPU Kabupaten Morowali Utara.

Adapun timsel Sulteng 1 masing-masing Fatmah Dhafir (Ketua rangkap anggota), Muhtar Lutfi (sekretaris), Fadly Umar (anggota),  Hilal Malarangan (anggota) dan Syachdin (anggota).

Sedangkan timsel Sulteng 2 terdiri atas KPU Kabupaten Buol, KPU Kabupaten Poso, KPU Kabupaten Tojo Una-Una, KPU Kabupaten Tolitoli, dan KPU Kota Palu. Adapun timselnya yakni Satar Laupo (ketua rangkap anggota), Muhammad Marzuki (sekretaris rangkap anggota), Awaluddin (anggota), I Ketut Yakobas (anggota), dan Ida Nureini (anggota). Ketua Timel Sulteng 1, Fatmah Dhafir mengatakan, 10 nama yang lolos seleksi akan dibawa ke KPU RI untuk proses selanjutnya.

“Besok kami ke KPU RI membawa hasil ini,” ujarnya.

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas