ALAT PERTANIAN - Bupati Morowali, Taslim menyerahkan bantuan mesin panen untuk petani dan puluhan sepeda motor untuk petugas penyuluh pertanian (PPL) di Morowali, Jumat 14 April 2023. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)
  • Harap UPJA Sukseskan Program Panen Gratis

Morowali, Metrosulawesi.id – Bupati Morowali, Taslim menyerahkan bantuan untuk petani dan petugas penyuluh pertanian (PPL) di daerah Morowali yang meliputi sebanyak sepuluh unit mesin panen beserta dengan 60 unit sepada motor.

“Bantuan ini, bagian dari program Pemerintahan Taslim- H Najamudin (Tahajud) untuk menunjang percepatan kesejahteraan petani. Begitupula dengan motor, juga dalam rangka mendukung opersional PPL kita,” ungkap Taslim saat menyampaikan sambutannya diacara penyerahan secara simbolis bantuan tersebut di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Morowali, Jum’at 14 April 2023.

Pada kesempatan ini Taslim mengemukakan, program panen gratis yang ada di Pemerintahan Tahajud memang sejauh ini terlihat belum maksimal. Penyebabnya, dikarenakan sarana pendukung sangat terbatas dan belum memadai.

“Kita berharap dengan bertambahnya sepuluh unit lagi mesin panen ini, akan bisa menekan sedikit keluhan-keluhan dari petani kita,” sebutnya.

Taslim mengatakan, alat panen ini tidak serta merta satu-satunya yang bisa dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan petani. Namun ada yang juga dibutuhkan yakni tanggung jawab yang diberikan amanah untuk menggelola, dalam hal ini Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA).

“Olehnya, berharap teman-teman yang ada di UPJA betul-betul memiliki tanggung jawab. Serta diharapkan, menyukseskan program panen gratis, karena dengan program inilah kita bisa menekan biaya produksi petani,” papar Bupati Taslim.

Di kesempatan ini Kepala DPKP Morowali, Andi Irman mengemukakan, dengan adanya bantuan ini, juga merupakan wujud dari kegiatan sejahtera bersama dalam pemerintahan pasangan Tahajud.

“Di setiap kegiatan Musrenbang, sekiranya bapak bupati dan wakil bupati juga telah menyampaikan bahwa penyerahan alat-alat seperti ini sebenarnya tidak masuk dalam visi misi Tahajud, ini adalah bonus. Dan ini, juga bukan yang terakhir,” kata Andi.

Dijelaskannya, sepuluh unit Compain atau alat untuk panen padi akan disalurkan ke wilayah sentra pangan yang tersebar di daerah Morowali. Di Kecamatan Witaponda, Kecamatan Bumiraya dan juga Kecamatan Bungku Barat.

“Pengadaan sepuluh unit compain ini dananay bersumber dari DAK tahun 2023. Sementara, kendaraan motor dananya bersumber dari DAU tahun anggaran tahun 2023,” tandas Andi.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas