Area Transaction & Funding Manager PT Bank Mandiri Area Palu, I Made Suwastika. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Selama periode tahun 2023 ini, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Palu menargetkan penyaluran untuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp1,67 triliun.

Demikian hal itu disampaikan langsung oleh Area Transaction & Funding Manager PT Bank Mandiri Area Palu, I Made Suwastika kepada Metrosulawesi,Selasa (24/1/2023).

Ia mengatakan bahwa angka tersebut juga merupakan posisi baki debit. Sebab, lanjut dia, produk KUR merupakan program kredit dengan jangka waktunya yang cukup pendek.

“Rata-rata itu selama tiga tahun. Jadi kalau kita asumsikan pemberian kredit tahun ini Rp100 juta, berarti di tahun berikutnya bebitur sudah mulai diangsur kreditnya,” ujarnya.

Maka dari itu, Bank Mandiri menganggap bahwa sisa angsuran kredit berkisar Rp60 jutaan. Sementara untuk penyaluran KUR pada 2022 lalu mencapai Rp943 miliar khusus Area Palu.

“Memang tetap menjadi fokus utama terkait program KUR setiap perbankan BUMN. Jumlah penyaluran kami Bank Mandiri Area Palu tahun kemarin hampir Rp1 triliun,” terangnya.

Diakuinya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia menganggarkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2023 jauh lebih besar dibanding 2022 lalu.

“Kalau kita lihat dari tahun ke tahun pemerintah menyiapkan anggaran khusus untuk pelaku usaha semakin besar. Kalau tidak salah hampir Rp420_an triliun disalurkan di Indonesia,” ungkapnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas