AKBP Baharuddin. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu, AKBP. Dr. Baharuddin mengungkapkan, di Kota Palu ada sekitar 500 peserta didik (siswa) terindikasi positif Zat adiktif, mereka tersebar di sejumlah satuan pendidikan jenjang SMP yang ada di Palu.

“Hal itu terungkap, setelah kami dari BNN Kota Palu melakukan diteksi dini ke sejumlah SMP, sepanjang tahun 2022 kemarin,” kata Baharuddin, di Palu, baru-baru ini.

Baharuddin mengatakan, zat adiktif yang dimaksud itu dapat mengakibatkan kecaduan dan ketergantungan, pada pemakai serta mengganggu dari sisi kesehatan, terdiri dari Narkotika jenis sabu, Lem Fox, dan rokok.

“Penjangkauan ke satuan pendidikan tingkat SMP tersebut, berkat dukungan dan kerjasama yang dilakukan dengan Pemerintah melalui Kesbangpol dan Dinas Pendidikan Kota Palu, yang telah memberikan ruang kepada BNN Kota Palu untuk melakukan diteksi dini ke peserta didik,” ujarnya.

Kata dia, untuk meminimalisir hal tersebut semakin massif di satuan pendidikan di Kota Palu, BNN Kota Palu bersama Pemerintah telah membentuk satgas di setiap sekolah sebagai perpanjangan tangan BNN Kota Palu untuk melakukan preventif.

“Untuk satgas itu sudah terbentuk dalam waktu dekat mereka akan dilantik,” pungkasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas