Sejumlah atlet berlaga kejuaraan renang nomor Open Water Swimming di Pantai Kilo 5 Luwuk, Kamis (15/12/2022). (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)

Palu, Metrosulawesi.id – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-IX Sulawesi Tengah di Kabupaten Banggai yang telah berakhir jadi catatan serius KONI Kota Palu dan Pemerintah Kota Palu. Pasalnya, untuk kali pertama di multi even olahraga terbesar di Sulawesi Tengah, Kota Palu gagal jadi juara umum setelah direbut oleh tuan rumah Kabupaten Banggai.

Meski medali emas cabor bergengsi, Sepak bola bisa dipertahankan Kota Palu, namun beberapa cabor andalan yang diharapkan menyumbang emas seperti Renang justru dikuasai tuan tumah Banggai yang berhasil meraup total 13 medali emas, yang terdiri dari 7 emas Renang Kolam dan 6 medali emas Renang Perairan Terbuka atau OWS. Bandingkan dengan Kota Palu yang hanya bisa mendulang 4 emas Renang Kolam dan tanpa medali di OWS.

Mengapa cabor renang yang menjadi sampel atas gagalnya Kota Palu mempertahankan juara umum Porprov edisi kesembilan ini. Jawabannya, karena cabor Renang Kolam yang memperlombakan  19 nomor  dan Renang OWS 8 nomor didominasi Banggai .

Lalu, peraih medali emas tersebut sejatinya atlet Kota Palu yang justru membela Kabupaten Banggai seperti Cantika (6 emas) , Talita (6 emas), dan Vallent Kurniawan (2 emas).

Terkait hal itu, Sekum KONI Kota Palu, Calvin Tawil belum mau memberikan komentar banyak terkait dengan gagalnya kontingen Kota Palu mempertahankan juara umum untuk pertama kalinya.

Kepada wartawan ia menjelaskan, pengurus KONI Kota Palu telah diundang Walikota sekaitan dengan Hasil PORPROV IX di Kabupaten Banggai.

“Beliau (walikota) tetap memberi Apresiasi ke atlet-atlet Kota Palu atas upaya yang telah dicapai atas Prestasi merebut Medali.. Hanya saja Pak Walikota menyampaikan Ke Pengurus KONI, sebaiknya atlet yg kemarin memperkuat kontingen Kabupaten lain tidak lagi diikutkan dalam kontingen Kota Palu ke depan baik kejuaraan apa saja,” kata Calvin via whatsapp  Selasa (20/12/2022).

“Saya belum berani (konfirmasi) karena ada beberapa hal yang juga harus disampaikan  ke ketua umum terkait hasil di Porprov. Yang jelas kita sudah berupaya, bahkan kita 4 kali kalah ikut sidang. Karena hampir setiap cabang olahraga ada atlet Kota Palu di beberapa Kabupaten,” tambah Calvin.

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas