Ivan Faisal. (Foto: Metrosulawesi/ Saiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id – Perum Bulog Sub Divre Poso Sulawesi Tengah pastikan ketersediaan beras di gudang Bulog Poso mencukupi untuk Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Stok beras di gudang Bulog saat ini sekitar 1.260 ton, dan dengan stok tersebut masih aman untuk beras cadangan pemerintah hingga empat sampai lima bulan ke depan, kata Kepala Kantor Perum Bulog Sub Divre Poso Ivan Faisal, SE, kepada Metrosulawesi, Rabu (23/11).

“Dengan stok beras di gudang sekitar 1260 ton, normalnya itu masih mencukupi hingga 4-5 bulan ke depan, untuk kondisi normal, perbulan saja kami memerlukan sekitar 60 ton,” ujarnya.

Dijelaskan Ivan, stok beras yang ada ini merupakan hasil dari serapan gabah hasil panen para petani lokal dan dari Provinsi Sulawesi Selatan  sekitar empat bulan lalu.

“Jadi beras yang ada di gudang Bulog ini semua beras baru hasil pembelian gabah dari para petani langsung,” ujarnya.

Selain memastikan ketersediaan beras, Bulog juga memastikan ketersediaan minyak goreng dan gula pasir untuk menghadapi Natal dan tahun baru 2023.

“Untuk minyak goreng, kita sudah kerja sama dengan beberapa perusahaan swasta atau pabrik minyak goreng, jadi ketersediaan aman saja, untukĀ  gula kita, kita juga dalam posisi aman,” kata Ivan.

Stok beras kita ini continue, jika beras kurang maka akan di kirim lagi, sehingga stok beras tetap tersedia,” sebutnya.

Ivan menjelaskan salah satu fungsi Bulog yakni menjaga ketersediaan beras minimal untuk tiga bulan. Sehingga jika terjadi kekurangan stok maka akan dilakukan pengiriman agar stok tetap terjaga dan cukup.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas