PELUNCURAN SITAMPAN - Universitas Tadulako meluncurkan Sistem Informasi Terpadu MBKM dan Pelayanan Akademik Untad (Sitampan) pada Senin 21 November 2022. (Foto: Ist)
  • Rektor Harap Bisa Memaksimalkan Kinerja

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako meluncurkan Sistem Informasi Terpadu MBKM dan Pelayanan Akademik Untad (Sitampan) pada Senin 21 November 2022. Aplikasi ini dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Untad.

Peluncuran Sitampan dihadiri oleh Rektor Untad, Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua LPPM dan LPPMP, Kepala UPT.TIK serta Dekan-dekan. Koordinator Task Force MBKM, Dr. Anang WM Diah M.Si Ph.D, menjelaskan Sitampan merupakan aplikasi dengan sistem yang berfungsi sebagai aktivitas dan menyimpan data kegiatan Mahasiswa, Dosen, Program Studi, Unit Merdeka Belaja dan Mitra DUDI dalam rangka MBKM di Untad.

“Sistem ini bagian dari hibah PKKM yang didapatkan untuk peningkatan tata kelola kampus. Melalui Sitampan bisa diakses terkait jumlah mahasiswa yang telah mengikuti program MBKM,” jelasnya.

“Tahun 2022, kita mendapatkan hibah yang sangat bermanfaat sehingga perlu untuk mempercepat pelaksanaan MBKM Mandiri di Untad. Pencapaian MBKM Untad bahkan sempat menjadi salah satu sample contoh yang digunakan Mendikbudristek saat presentasi terkait progress MBKM Nasional. Untad tergolong memiliki banyak pencapaian yang masif,” tambah Anang.

Secara rinci, Sitampan bertujuan sebagai Pusat penyimpanan data dan Informasi MBKM Untad, media interaksi antara Mahasiswa, dosen pembimbing dan mitra dalam proses pelaksanaan MBKM, serta penyedia informasi secara real tim terkait aktivitas mahasiswa di luar program studi.

Rektor Prof Mahfudz, mengapresiasi kinerja MBKM Untad serta mengharapkan agar Sitampan dapat mengoptimalkan sistem yang ada di Untad. Kata dia, rekam jejak MBKM di Untad merupakan hal yang sangat membanggakan karena keberhasilan.

“MBKM Untad bahkan muncul saat dipresentasikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan masuk sebagai indikator keberhasilan program karena manfaat yang dirasakan langsung oleh mahasiswa. Selaku Rektor, saya mengapresiasi Dr Anang yang telah mengkoordinir MBKM di Untad selama ini,” ujar Rektor.

“Saya harapkan Sitampan benar-benar membantu memaksimalkan kinerja sistem kita di Untad,” tandas Prof Mahfudz.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas