PELUNCURAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah bersama KPU Kota Palu resmi meluncurkan dimulainya pembukaan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Minggu 20 November 2022. (Foto: Dok. KPU Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah bersama KPU Kota Palu resmi meluncurkan dimulainya pembukaan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Minggu 20 November 2022.

Acara peluncuran dikemas santai dengan memanfaatkan momentum Car Free Day, di Jalan Mohammad Yamin, Palu, di depan Lapangan Vatulemo.

“Perekrutan PPK melalui aplikasi Siakba dimulai hari ini, Minggu 20 November 2022 dan akan berlangsung sampai dengan 29 November 2022,” kata Anggota KPU Sulteng, Sahran Raden di lokasi kegiatan.

Sedangkan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dilaksanakan pada 18-27 Desember 2022.

PPK adalah panitia yang dibentuk oleh KPU kabupaten/kota untuk melaksanakan Pemilu dan Pemilihan di tingkat kecamatan. Sedangkan PPS di tingkat kelurahan/desa.

Sahran Raden menjelaskan, pendaftaran PPK dan PPS dilakukan melalui aplikasi Siakba atau Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc.

Calon PPK maupun PPS bisa mengakses tautan yang sudah disiapkan yakni siakba.kpu.go.id.

Menurut Sahran Raden, aplikasi Siakba ini dihadirkan di era digital agar pendaftar badan adhoc bisa mendaftar secara mandiri.

Namun, bagi yang tidak punya fasilitas komputer atau laptop serta jaringan internet bisa menghubungi helpdesk yang dibuka di KPU kabupaten kota. Helpdesk dibuka setiap hari dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00.

“Helpdesk KPU kabupaten kota siap melayani pendaftar yang tidak memiliki fasilitas dan jaringan internet,” kata Sahran Raden.

Adapun dokumen yang harus diupload peserta ke Siakba adalah surat pendaftaran; daftar riwayat hidup; fotokopi KTP elektronik; fotokopi ijazah sekolah menengah atas/sederajat atau ijazah terakhir; pas foto; surat pernyataan; dan surat keterangan.

Sahran Raden mengatakan, format surat pendaftaran, daftar riwayat hidup, dan surat pernyataan dapat diunduh di aplikasi Siakba.

Sementara itu, acara peluncuran dimulainya pembukaan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berlangsung meriah.

Acara sengaja digelar di lokasi car free day karena ada ribuan orang yang berkumpul untuk bersantai maupun berolahraga.

Ratusan pengunjung terlebih dahulu diajak senam pagi, dipandu Zin Riris. Selain itu, KPU Sulteng juga menampilkan penyanyi Ahmad Qais di panggung. Dilanjutkan dengan stand up comedy oleh Luqmanul Hakim. Acara yang berlangsung meriah ini dipandu Andri Jamril.

KPU Sulteng juga membagikan ribuan selebaran berisi informasi hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024 dan informasi pendaftaran badan adhoc PPK dan PPS. Hadir pula Ketua KPU Palu Agussalim Wahid dan komisioner lainnya. Sementara Sahran Raden menyempatkan diri bernyanyi. Acara ditutup dengan pelepasan balon ke udara yang bertuliskan Siakba.

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas