Wagub Sulteng H Ma’mun Amir didampingi Wakil Ketua PKK Sulteng menunjukkan produk pangan berbasis ikan di salah satu stan pameran di Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sabtu (19/11). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Gubernur Sulteng H Ma’mun Amir secara resmi membuka pameran dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkannas) IX tahun 2022, di Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sabtu (19/11).

Peresmian pameran ditandai penekanan tombol Wagub bersama Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai, dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita serta kunjungan ke stand pameran.

Pameran ini diikuti Provinsi pelaku usaha sektor kelaytan dan perikanan dari Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, Lampung, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Utara, Aceh, dan KKP RI.

Wakil Gubernur mengatakan, pamaren Harkannas menjadi peluang bisnis bagi pelaku UMKM di sektor kelautan dan perikanan. Dia berharap melalui pameran produk UMKM di sektor ini dapat meningkat lagi.

Dia meminta pelaku UMKM bersiap-siap karena saat ini pemerintah provinsi lagi mempersiapkan diri dalam rangka mensuplai kebutuhan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan meningkatkan semua sektor, baik itu ekonomi, transportasi dan sebagainya.

Wagub juga mengatakan, pameran ini merupakan peluang bagi Kabupaten Parigi Moutong untuk mempromosikan potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional. Hal ini sesyai tema Harkannas IX yakni ‘’Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan Generasi Unggulan’’.

Wagub berharap melalui pameran ini pesan-pesan akan pentingnya mengkonsumsi ikan dapat tersosialisasikan dengan baik dan kreatif.

“Saya harapkan pameran ini dapat merangsang pertumbuhan bisnis UMKM sektor kelautan dan perikanan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penguatan kelembagaan,” katanya. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas