BARANG BUKTI - Tampak barang bukti dua paket sabu yang diamankan Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Palu pada Rabu 16 November 2022. (Foto: Ist)
  • Petugas Gagalkan Penyelundupan Narkoba ke Dalam Lapas

Palu, Metrosulawesi.id – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Palu kembali mengungkap upaya penyeludupan narkoba jenis sabu pada Rabu 16 November 2022. Kronologi kejadian bermula ketika seseorang mengetuk pintu 1 dan meminta tolong menitipkan makanan kepada petugas untuk diberikan kepada salah satu napi sekitar pukul 17.45 WITA.

Dikarenakan gerak-gerik dan wajah yang mencurigakan seperti ada yang disembunyikan, petugas Lapas Palu, Yusron Aditya, kemudian memanggil masuk ke dalam untuk ditanyai identitasnya.

“Kami tanya identitas penitip tersebut, namun tidak ada. Lalu kami coba menggeledah makanan yang dititipkan. Kami lakukan pengecekan, terdapat dua bungkus nasi, dimana di salah satu bungkusnya ditemukan dua plastik bening yang diduga sabu-sabu terselip di tengah-tengah nasi,” terang Yusron.

Setelah adanya temuan tersebut, petugas lalu bergegas melaporkan kepada Kepala Pengamanan untuk ditindaklanjuti. Akhirnya diketahui bahwa dua paket kecil sabu tersebut ditemukan dalam bungkusan makanan dari penitip berinisial R ditujukan kepada narapidana atau napi inisial E.

Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Raymond J.H. Takasenseran, didampingi Kalapas Palu, Gunawan, yang menyampaikan bahwa temuan ini adalah berkat kesigapan serta kecermatan petugas P2U. Atas temuan tersebut, pihaknya telah melaporkan ke Polresta Palu guna pemeriksaan tindak lanjut.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Budi Argap Situngkir, menyampaikan apresiasi atas kinerja jajaran Lapas Palu yang kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba di area Lapas.

“Saya sangat apresiasi atas temuan tersebut, hal ini merupakan komitmen bersama untuk memberantas peredaran narkotika dan tentunya juga sebagai peringatan keras bagi narapidana dan pegawai agar tidak mencoba-coba membantu peredaran narkotika”, ungkap Kakanwil.

Lebih lanjut, Kakanwil juga menyampaikan bahwa upaya penggagalan ini merupakan bentuk keseriusan Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam rangka mewujudkan Lapas dan Rutan Bersih dari Narkoba (Bersinar). Saat ini, R tengah diamankan oleh Satresnarkoba Polresta Palu guna menjalani pemeriksaan dan pengembangan.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas