TANAM DURIAN - Kadis Tanhorbun Sigi Rahmad Iqbal Nurhalish saat melakukan penanaman bibit durian dalam rangka pencanangan kampung durian di Desa Sungku, Kecamatan Kulawi. (Foto: Istimewa)
  • Pemkab Sigi Salurkan 20 Ribu Bibit Durian

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Sigi mencanangkan Desa Sungku, Kecamatan Kulawi sebagai kampung durian.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Rahmad Iqbal mengatakan, selain pencanangan kampung durian juga dilakukan penanaman durian musang king. 

Kata Iqbal, kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari kegiatan-kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan terkait dengan pengembangan kawasan buah.

“Pengembangannya dilakukan di Kecamatan Kulawi Raya yang meliputi Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Kecamatan Lindu,” kata Iqbal, Rabu, 29 September 2022.

Tahun ini kata dia, pemerintah menyalurkan sebanyak 20.000 bibit durian. Jumlah tersebut dibagi di empat kecamatan. Untuk Kecamatan Kulawi 7.570 bibit, Kulawi Selatan 6.000 lebih, Pipikoro 5.000 lebih bibit dan Kecamatan Lindu untuk satu kelompok sekitar 180 bibit durian. 

“Pencanangan kampung durian tersebut merupakan inisiatif dari masyarakat Desa Sungku, Kecamatan Kulawi,” sebutnya.

Pencanangan kampung durian dimaksudkan agar kegiatan dalam pengembangan durian lebih terfokus dan terarah.

“Hal itu dilakukan untuk menyiapkan dari segi aspek produktifitas durian terutama untuk memasok kebutuhan buah khususnya buah durian di Sulteng maupun ke Ibu Kota Nusantara,” tutupnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas