WORKSHOP - Program PKKM 2022 ISS-MBKM Untad melaksanakan Workshop Kemitraan Lembaga Pemerintah di Palu, pada Selasa 27 September 2022. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Mahfudz, menyampaikan perlunya melakukan transformasi secara simultan di era milenial saat ini, khususnya dalam dunia pendidikan.

“Sistem pendidikan saat ini adalah sistem pendidikan yang modern dengan nama MBKM (merdeka belajar kampus merdeka). Tentunya sudah bisa memaknai bahwa kita memiliki keterkaitan antara ilmu yang kita peroleh dengan dunia kerja nantinya,” ucapnya saat membuka Workshop Kemitraan Lembaga Pemerintah di Palu, pada Selasa 27 September 2022.

“Semoga model transformasi MBKM yang diunggulkan ini dapat terus berlanjut karena program ini sangat berdampak baik untuk universitas khususnya bagi mahasiswa,” tambah Prof Mahfudz.

Workshop Kemitraan Lembaga Pemerintah dilaksanakan oleh Program PKKM 2022 ISS-MBKM Untad. Kegiatan turut dihadiri 145 peserta yang terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Akademik, Koordinator Prodi, UPM Fakultas dan Unit MBKM Lingkup Universitas Tadulako, Perwakilan Rakyat dan Lembaga Pemerintahan yang berasal dari dalam dan luar Provinsi Sulawesi Tengah.

Lucyani Meldawati, S.Ak., M.Acc. Selaku ketua panitia menuturkan tujuan workshop untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mitra terkait MBKM serta meningkatkan kerjasama antara dunia pendidikan dan lembaga pemerintahan.

“Kegiatan ini merupakan satu sub aktivitas dari aktivitas 2 ISS PKKM tahun 2022 yaitu peningkatan partisipasi mahasiswa dalam program MBKM. Kami berharap melalui kegiatan hari ini akan ada calon mitra yang menjadi mitra Universitas Tadulako, Fakultas dan yang terpenting adalah mitra bagi Program Studi dilingkungan Universitas Tadulako agar mahasiswa kita lebih berwarna dalam mengimplementasikan MBKM,” terang Lucyani.

Adapun materi disampaikan  tiga Narasumber yaitu Drs. Anang WM Diah, M.Si., Ph.D selaku Koordinator Task Force MBKM terkait Pengantar Merdeka Belajar, Dr. Sultan, M.Pd selaku Ketua ADOBSI Sulawesi Selatan dengan materi tentang Implementasi MBKM pada Mitra, dan Amir Aminudin, S.Pd., MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Morowali dengan materi tentang “Kabupaten Morowali di Dunia Pemerintahan Dalam Rangka Pelayanan Masyarakat Terhadap Korelasinya Dengan Perguruan Tinggi Indonesia”. Workshop ditutup dengan penandatanganan beberapa kerjasama yakni MoU antara Untad dengan BPJS Cabang Palu, MoA BPJS, PMI dan KIK dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas