TINJAU JALAN - Pj Bupati Bangkep, Ihsan Basir, saat meninjau jalan yang membutuhkan perhatian pemerintah pusat. (Foto: Ist/ Dok. Pemkab Bangkep)

Bangkep, Metrosulawesi.id – Kondisi ruas jalan yang menghubungkan antar kecamatan di Wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah (Sulteng), membutuhkan perhatian pemerintah pusat.

Pantauan di lapangan Kamis (29/09/2022), memperlihatkan poros Buko dan Poros Bulagi disisi kiri dan kanan jalan berlubang dan lebih parahnya apabila kondisi hujan menjadi kubangan air.

Akibatnya, waktu tempuh masyarakat setempat yang ingin memasarkan hasil pertanian dan perkebunan menjadi relatif lebih lama.

“Kerusakan jalan yang menghubungkan antar 12 kecamatan sudah terjadi kurun beberapa tahun terakhir,” kata Ari, warga Kecamatan Bulagi.

Pj Bupati Bangkep, Ihsan Basir yang dihubungi menyatakan Pemkab Bangkep akan mengalokasikan anggaran perbaikan sarana dan prasarana jalan yang benar-benar kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

“Terbatasnya anggaran Pemkab Bangkep sehingga kami melakukan rehab jalan  berdasarkan skala prioritas,” kata Ihsan Basir.

Minimnya alokasi anggaran APBD Bangkep, pihaknya juga akan berusaha memperjuangkan alokasi anggaran perbaikan jalan kepada pemerintah pusat.

“Kami akan mengajukan usulan perbaikan jalan lewat anggaran APBN,” kata mantan Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah (BPPID) Sulteng. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas