PIMPIN RAKOR - Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid saat memimpin Rakor Persiapan Verifikasi Administrasi Perbaikan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 pada salah satu hotel di Kota Palu, Senin, 26 September 2022. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)
  • Parpol Diimbau Manfaatkan Masa Perbaikan Adminstrasi

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah menghelat Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Administrasi Perbaikan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024. Rapat ini digelar di salah satu hotel di Kota Palu, pada Senin sore, 26 September 2022 yang dihadiri oleh Agussalim Wahid, Ketua KPU Palu serta para pengurus partai politik.

Ketua KPU Palu, Agussalim menjelaskan, tahapan saat ini adalah masa perbaikan syarat berkas atau dokumen keanggotaan parpol yang kemudian akan maju dalam Pemilu Serentak 2024, terhitung mulai 1-9 Oktober 2022.

Dia mengingatkan kepada seluruh pimpinan parpol terkhusus pihak LO (liaison officer) atau tim penghubung parpol segera memenuhi kelengkapan dan kesahihan berkas anggota parpol, seperti kesesuaian status pekerjaan di KTP antara Dukcapil dan KPU, juga KTA ganda seorang anggota parpol.

“Nah salah satu hal yang penting juga diperhatikan bahwa rekapitulasi verifikasi administrasi anggota parpol bisa rekan-rekan lihat di SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) yang sudah diterakan di website resmi KPU Palu

Sebab SIPOL tersebut ujar dia telah dilakukan penyesuaian secara berjenjang mulai dari tingkat daerah hingga KPU pusat dan pengurus parpol pusat, kemudian disinkronkan kembali ke KPU dan parpol daerah.

“Memang dibutuhkan perhatian dari partai politik untuk mengetahui bagaimana perkembangan SIPOL-nya. Karena berbeda dengan tahun 2019 lalu, kami menyerahkan langsung secara fisik namun saat ini berbeda karena ada perubahan di KPU RI yang semuanya tersentralisasi di sana,” imbuhnya.

“Jadi sekarang kami hanya menyerahkan dua SIPOL. Sehingga itu tadi bila parpolnya kurang mengikuti perkembangan SIPOL-nya tentu akan ketinggalan,” ucap Agus.

Sembilan hari masa perbaikan itu diimbau Agus agar dimanfaatkan sebaik dan secepat mungkin oleh parpol. Sehingga jangan sampai para pengurus parpol mengurus di tenggat waktu terakhir.

“Ada beberapa waktu ke depan yang disediakan ini diharapkan betul teman-teman manfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai lagi terlewatkan, jangan bermain di last minute. Nanti di penghujung baru mulai melakukan upaya-upaya sesuai perintah,” tandas Agussalim Wahid.

Reporter: M. Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas