Direktur HR, GA, IT, SI AHM Markus Budiman (Kiri) bersama General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin (kanan) memberikan donasi pengembangan usaha kepada perwakilan wirausahawan muda Agus Hidayat (tengah) yang merupakan alumni AHM Best Student 2018. (Foto: Dokumentasi AHM)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan bagi siswa SMA multitalenta terbaik pada puncak gelaran Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2022 yang berlangsung akhir pekan ini, Sabtu (24/9/2022).

Beragam ide dan karya khas anak muda cerdas diusung dengan mengedepankan kepedulian terhadap isu lingkungan dan sosial di wilayahnya sehingga menghasilkan produk alternatif dari pemanfaatan limbah hingga energi terbarukan.

Memasuki pelaksanaan ke-20, AHM Best Student 2022 yang mengangkat tema “Berkreasi Menebar Inspirasi” menyeleksi karya 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Terdapat dua kategori karya yang dinilai pada ajang ini, yakni ide dan invensi/ temuan dengan topik Social Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, didukung juga keaktifan siswa dalam kegiatan sosial hingga non akademik. Berdasarkan seleksi berjenjang hingga tingkat nasional, AHM memberikan apresiasi tertinggi level Gold untuk ide terbaik.

Penyampaian apresiasi dan penghargaan disampaikan pada acara Seminar Inspirasi dan Penghargaan AHM Best Student 2022 yang dihadiri lebih dari 16.107 orang secara virtual. Kegiatan ini dimeriahkan oleh tamu yang inspiratif bagi anak muda yaitu Andi Gilang, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT).

Ahmad Muhibbuddin selaku General Manager Coporate Communication AHM mengatakan penyelengaraan ini sudah dilaksanakan selama dua dekade. Hal tersebut merupakan bukti konsistensi perusahaan dalam menggali potensi SDM unggul berkarakter khas anak muda di Tanah Air.

“Dengan tema kegiatan Care, Creative & Confident, perusahaan berusaha mengelaborasi sekaligus mengapresiasi karya-karya anak muda yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungannya,” kata Ahmad Muhibbuddin.

Lanjut dia, gelaran tahunan AHM Best Student tahun ini dibuka sejak 11 Mei hingga 31 Juli 2022. Proses seleksi dilakukan secara berjenjang di level regional melalui jaringan Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Karya-karya terbaik AHM Best Student 2022 mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp72 juta.

“Tahun ini, siswa dapat mengikuti kompetisi pada dua kategori. Kategori ide merupakan karya yang masih berada dalam tahapan konsep yang diwujudkan dalam bentuk prototype atau purwarupa dan memiliki potensi dampak dan manfaat saat penerapannya,” jelasnya.

Sementara itu, ia mengaku bahwa kategori invensi merupakan karya yang sudah dimanfaatkan oleh kelompok tertentu dan minimal sudah diuji oleh pihak berkompeten atau mendapatkan pengakuan manfaat serta memiliki identitas produk yang memberikan dampak terukur.

“Selama dua dekade, AHMBS telah diikuti oleh 1.284 orang yang kini memiliki beragam profesi baik itu sebagai karyawan, wiraswasta, dosen hingga dokter. Tahun ini, sebanyak 4 alumni AHM Best Student yang bergerak di bidang kewirusahaan mendapatkan dukungan dana pengembangan UMKM dengan total nilai Rp 100 juta,” ujarnya.

“Bantuan ini akan terus bergulir bagi para alumni lainnya sesuai dengan kriteria. Di gelaran spesial ke-20, AHM juga mengukuhkan forum alumni yang tergabung di Sahabat AHM Best Student sebagai ruang untuk berkolaborasi dan sekaligus sarana komunikasi dan berjejaring dalam menapaki masa depan,” ujarnya menambahkan.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas