MENILAI - Tim penilaian saat turun ke salah satu sekolah di Palu, belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu bersama tim penilaian sekolah berprestasi memaksimalkan penilaian kepada seluruh sekolah. Saat ini mereka sudah memasuki penilaian untuk tingkat SMP Kota Palu.

Penilaian tersebut memang sangat penting karena akan menentukan sekolah yang akan meraih penghargaan dari Pemerintah Kota Palu, makanya dengan adanya penilaian tersebut bisa diketahui sekolah mana nantinya akan mendapatkan penghargaan itu, dan saat ini khususnya di tingkat SMP masih terus mempersiapkan diri untuk dilakukan penilaian.

“Saat ini seluruh tim penilaian sudah turun di sekolah masing-masing, mereka akan bekerja secara profesional.Makanya seluruh sekolah yang belum mendapatkan kunjungan penilaian harus bersiap agar nantinya bisa mendapatkan penghargaan langsung dari wali kota. Apalagi ini program pertama kalinya yang diberikan Pemerintah Kota Palu dalam memberikan apresiasi kepada sekolah yang telah banyak mengukir prestasi,” kata Kepala Disdikbud Kota Palu, Hardi, belum lama ini.

Tim Penilai memang tidak hanya mengandalkan fisik sekolah tetapi mereka juga akan memeriksa berbagai berkas yang telah ditentukan, sehingga sekolah harus bisa membuktikan prestasi melalui berbagai berkas tersebut.Olehnya satu sekolah membutuhkan waktu lama dalam melaksanakan penilaian.

“Kita harus tetap mendukung seluruh program Pemkot karena penghargaan ini akan kembali kepada sekolah masing-masing. Jadi dengan bonus yang mereka terima nantinya bisa mereka gunakan untuk pengembangan sekolah baik dalam hal prestasi maupun sarana prasarana,” ujarnya.

Hardi mendorong agar seluruh sekolah bisa memaksimalkan penilaian ini.Dengan adanya penilaian itu diharapkan sekolah tetap mempertahankannya, sehingga walaupun tidak ada penilaian sekolah tetap terlihat bersih dan rapi.

Tentunya, kata dia, hal itu sudah menjadi tujuan dari pemerintah agar sekolah termotivasi untuk selalu menjaga lingkungan mereka masing-masing.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu menerima hasil penilaian sekolah berprestasi pada sejumlah wilayah di Kota Palu.  Demikian dikatakan Kepala Disdikbud Palu, Hardi, melalui ponselnya, Selasa, 13 September 2022.

Nantinya hasil tersebut, kata Hardi, akan dirapatkan untuk menentukan sekolah mana yang meraih nilai tertinggi dan yang berhak meraih penghargaan dan bonus dari Wali Kota Palu.

“Sebelumnya memang pemerintah telah membagi empat wilayah untuk penilaian sekolah berprestasi, mereka juga sudah turun langsung untuk memberikan penilaian di masing-masing sekolah. Setelah penilaian tersebut nantinya ada beberapa sekolah akan dipilih untuk dilakukan penilaian kembali,” ujarnya.

Saat ini, kata Hardi, seluruh hasil penilaian sudah diserahkan kepada Disdikbud Palu.Olehnya itu masih akan dilihat sekolah mana yang memiliki nilai tertinggi.

“Nantinya pengumuman sekolah berprestasi akan dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Palu, sehingga mereka bisa mendapatkan penghargaan dan bonus langsung dari Wali Kota Palu,” katanya.

Hardi mengaku, memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh sekolah di Kota Palu yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan berbagai hal untuk persiapan penilaian sekolah berprestasi.

“Semoga upaya dan kerja keras selama ini dilakukan bisa dipertahankan karena tidak lama lagi seluruh sekolah akan ikut memeriahkan HUT Kota Palu,” ungkapnya.

Hardi menegaskan, jangan takut untuk menjadi yang terbaik.

“Jadi buatlah sekolah kalian lebih dari hari ini. Tentunya banyak upaya yang bisa dilakukan oleh seluruh sekolah untuk bisa meraih menjadikan sekolah lebih baik. Sebab pemerintah juga tidak akan tutup mata dengan upaya yang kalian lakukan di sekolah,” jelasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas