TERIMA MANDAT - Anggota Exco Asprov PSSI Sulteng Judradiwa Badudu ( kedua kanan) menyerahkan surat penunjukkan tuan rumah liga 3 kepada panitia di Parigi Moutong saat workshop di ruang rapat Bantaya Kantor Walikota Palu, Kamis (22/09/2022). (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)

Palu, Metrosulawesi,id – Asprov PSSI Sulawesi Tengah pada workshop Kamis (22/09/2022) menyepakati tuan rumah serta jadwal penyelenggaraan liga 3 regional musim 2022. Kick off rencananya akan dimulai pada tanggal 1 Oktober.

Pada workshop disepakati Parigi Moutong tepatnya stadion Gelora Samsurizal Tombolotutu di kecamatan Tinombo akan jadi tuan rumah babak penyisihan wilayah 1. Sedangkan kabupaten Banggai ditunjuk jadi tuan rumah untuk zona wilayah timur bertempat di Stadion Kilongan Luwuk.

Sementara untuk jadwal pelaksanaan kasta ketiga sepakbola di tanah air rencananya akan dimulai pada 1 Oktober – 2 November 2022. Penyisihan akan digelar sampai tanggal 20 Oktober di tiap wilayah. Setelah itu, babak 8 besar sampai dengan final rencananya akan digelar di lapangan Kasintowo Kabupaten Poso.

“Kenapa 8 besar sampai final kami pilih Poso, karena daerah tengah dan pada liga 3 kali ini tim dari Poso tidak ada yang berpartisipasi ini tentunya akan menjaga netralitas kompetisi. Tetapi ini masih bersifat tentatif akan dibahas kemudian hari,” kata Sekertaris Asprov PSSI Sulteng, Harry Sumampouw.

Pada liga 3 kali ini ada 17 tim yang berpartisipasi. Namun pada saat workshop salah satu tim yakni Persmo Moutong menyatakan tidak siap ikut serta. Meski begitu asprov dalam hal ini masih bakal menunggu surat resmi dari manajemen.

      Di sisi lain, semua tim diharapkan mampu menyiapkan kelengkaan data mulai dari pemain, pelatih, dan manajemen untuk dimasukkan ke Sistem Informasi Aplikasi PSSI (SIAP)

“Aturan sekarang memang beda dari sebelumnya, kalau dulu masih manual sekarang sudah serba online.  Jadi saya harapkan minimal semua klub bisa menyerahkan nama Pelatih, Pemain dan Manajernya,” kata Jusman tim IT Asprov.

Adapun pembagian grup itu berlangsung alot. Namun akhirnya disepakati bersama seluruh tim.

Berikut pembagian grup Liga 3 Sulteng.

Wilayah 1 di Stadion Gelora Samsurizal Tombolotutu, Kecamatan Tinombo
1. Persitimo Tinombo
2. Persema Mepanga
3. Kramat Jaya
4. Persigi
5. Sahib Fc
6. Palu Putra
7. PSNB Nupabomba
8. Bandar Sulteng
9. Buol United
Wilayah 2 di Stadion Kilongan, Luwuk
1. Persibal Luwuk
2. Celebest FC
3. Persipal Palu
4. Persikol Kolonodale
5. Tiswan 
6. Samudera Pantoloan
7. Persipar Parigi
8. Persmo Moutong 

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas