Ir. Singgih Budi Prasetyo. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu merencanakan pembuatan ulang toilet di kawasan Pasar Bambaru, Provinsi Sulawesi Tengah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu, Ir. Singgih Budi Prasetyo, kepada Wartawan Metrosulawesi beberapa waktu lalu.

Singgih mengungkapkan, pembuatan toilet baru itu akan dibangun di lantai satu pasar, mengingat toilet sekarang yang berada di lantai dua terus mengalami kerusakan.

“Kami sudah rencanakan (pembangunannya), Insya Allah pengerjaannya menunggu masa anggaran perubahan (APBD) Oktober mendatang,” jelasnya.

Namun Singgih urung menyebutkan biaya yang akan digelontorkan, “Belum tahu, nanti kita lihat. Tapi yang pasti nominalnya menyesuaikan kebutuhan pengerjaan,” pungkasnya.

Sebelum itu Singgih juga bilang pihaknya sudah berulang kali memperbaiki kerusakan toilet Pasar Bambaru. Mantan Kepala BPBD Palu ini tidak merincikan penyebab kerusakan berulang aset daerah itu.

Dia hanya mengatakan keadaan bangunan Pasar Bambaru yang telah berusia uzur menjadi pemicu kerusakan pascarevitalisasi pasar hingga dua tahap itu.

Pihaknya diharuskan menyesuaikan keadaan fisik bangunan yang telah mengalami penanganan berkali-kali dari waktu ke waktu.

Selain itu perlu diketahui, perencanaan itu senada dengan ragam keluhan para pedagang Pasar Bambaru langsung kepada Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid pada akhir Juli 2022 lalu. Pedagang sebagai pihak paling terdampak mengalami penurunan penjualan hingga gulung tikar, dan salah satu sebab utamanya yakni banyaknya masalah yang dialami pasar modern di Palu itu.

Reporter: M. Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas