SAMBUTAN - Kadispora Sulteng, Irvan Aryanto saat memaparkan kesiapan penunjang pra Popnas saat workshop di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (20/09/2022). (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) provinsi Sulawesi Tengah saat ini fokus menatap Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2022 zona V yang digelar di Kota Palu bulan November mendatang.

Guna mempersiapkan Multi event pelajar agar berjalan sukses, pada Selasa (20/09/2022) kemarin, Dispora Sulteng menggelar Bimbingan Teknis SDM Penyelenggaraan di salah satu hotel di Kota Palu. Bimtek diikuti oleh Teknikal delegate dan dm perwakilan Provinsi beserta cabor. Ada sejumlah hal yang dibahas terutama Venue beserta perlengkapan penunjang Pra Popnas.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng, Irvan Aryanto, melaporkan sejumlah kesiapan tuan rumah di antaranya untuk venue setiap cabor.

Dijelaskannya, Gor Siranindi akan jadi tempat penyelenggaraan Bola Volly, bulu tangkis di GOR Central Sport Kelurahan Silae, dan GOR Bumi Kaktus akan jadi tempat Pencak silat sekaligus acara pembukaan.

Selanjutnya, cabor Sepakbola akan dimainkan di Stadion Gawalise, Sepak takraw di vedung serbaguna Jodjokodi Convention Center, Tenis di lapangan taman GOR dan Tinju di lapangan terbuka taman Gor, serta Basket di lapangan basket Perbasi Palu taman GOR.

Terkait venue yang disiapkan ada sejumlah masukkan dari peserta salah satunya cabor Basket yang minta dimainkan di GOR Bumi Kaktus.

“Masukkan ini akan kami tinjau kembali karena ada beberapa opsional venue juga yang telah disediakan,” kata Irvan.

Pra Popnas zona V diketahui diikuti oleh 7 provinsi wilayah timur Indonesia yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku utara yang bakal digelar di Kota Palu 8-13 November 2022. Ada sebanyak 899 atlet, pelatih beserta official dari 8 cabang olahraga yang diperlombakan. Ajang ini merupakan babak kualifikasi Cabor menuju Popnas 2023 yang akan digelar di Palembang-Bangka Belitung.

Kepala Bidang Kompetisi Usia Muda Deputi pada Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora, Bambang Siswanto mengatakan Pra POPNAS dulunya bernama Pekan Olahraga Wilayah (POPWIL).

Agar selaras dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), menurut dia, POPNAS akan diubah namanya menjadi Pekan Olahraga Nasional Pelajar disingkat PON Pelajar.

“Perubahan POPNAS menjadi PON Pelajar ini akan diputuskan pada Rakernas. Mulai dari Pra PON Pelajar berlanjut ke PON Pelajar. Selaras dengan DBON agar olahraga kita satu arah menuju prestasi dari PON Pelajar, PON Mahasiswa, PON hingga SEA Games, Asian Games dan Olimpiade,” kata Bambang.

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas