Moh. Hairul Faqih. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Moh. Hairul Faqi, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Palu, berhasil lolos menuju Olimpiade Sains tingkat Nasional (OSN), setelah melalui tahapan seleksi dari tingkat Kota hingga Provinsi.

Prestasi itu membuat MAN IC Palu begitu bangga, sebab siswanya bernama Moh. Hairul Faqi, yang saat ini masih duduk di bangku kelas XI. Namun dapat dinyatakan lolos ke OSN tingkat Nasional, kualifikasi bidang kebumian.

Kepala MAN IC Palu, Soim Anwar mengatakan, hasil pengumuman itu berdasarkan rilis pada laman puspresnas.kemendikbud.go.id, pada Sabtu kemarin. Jadi MAN IC Palu, satu satunya madrasah mewakili Sulteng dan Kota Palu mengikuti kompetisi OSN-Tingkat Nasional.

“OSN atau biasa disebut kompetisi sains nasional, merupakan bagian dari upaya pemerintah melakukan upaya pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa yng bertalenta dan berkarakter. Selain itu, OSN juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada siswa peserta kompetisi untuk bersiap tampil bersama jenjang SMA/MA ke tingkat internasional,” jelasnya.

Soim mengaku, sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada siswa Muh. Hairul Faqi. Prestasi yang diraih pada setiap event merupakan hasil usaha kerja keras dan ketekunan guru pembimbing, dalam membimbing siswa serta doa dari semuanya.

“Alhamdulillah saya bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Ustadz dan Ustazah yang tak henti hentinya memberikan motivasi, semangat dan suport kepada siswa-siswi kita sehingga tumbuh jiwa kompetitif siswa,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas