SUMBANG BUKU - Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulteng, I Nyoman Sriadijaya (kanan) menerima sumbangan buku dari pihak Perpustakaan Nasional di Jakarta, Kamis 16 September 2022. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Perpustakaan Nasional (Perpusnas), mendukung pelaksanaan Festival Literasi Sulawesi Tengah 2022 yang akan digelar 28 September 2022 mendatang. Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando akan menghadiri acara tersebut.

Kepastian kehadiran Kepala Perpustakaan Nasional itu disampaikan langsung Kapus Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya, Adin Bondar kepada Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulteng, I Nyoman Sriadijaya di Jakarta, Kamis 15 September 2022.

Kepada Metrosulawesi I Nyoman mengatakan, Kepala Perpustakaan Nasional selain menghadiri Festival Literasi Sulawesi Tengah 2022, juga akan menjadi narasumber pada seminar nasional yang merupakan bagian dari kegiatan festival tersebut.

Sebagai wujud dukungan atas kegiatan itu kata I Nyoman, Kepala Perpustakaan Nasional memberikan dukungan berupa buku Impact Stories dan Inspirasi Literasi yang nantinya akan diberikan kepada pemenang lomba minat baca.

Tidak itu saja, pihak Perpustakaan Nasional juga mendukung pameran naskah kuno tentang Sulawesi Tengah melalui Kapus Jasa Informasi Nusantara dan Kapus Preservasi Ahli Media.

Pada kegiatan ini juga akan diserahkan SK PD-Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Sulteng oleh Waket PP-IPI.

“Insya Allah Bpk Kaperpusnas RI berkenan akan menghadirkan Duta Baca Indonesia (DBI) “Gol A. Gong” pada saat penutupan Peringatan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan,” kata I Nyoman.

Penyerahan hadiah pemenang lomba minat baca akan digelar pada pertengahan November 2022 mendatang.

Seperti diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulteng saat dalam waktu dekat ini akan menggelar Festival Literasi Sulawesi Tengah 2022. Meskipun festivalnya baru akan dibuka pada 28 September mendatang, namun sejumlah lomba yang terkait dengan kegiatan itu sudah mulai digelar.

Beberapa kegiatan yang sudah mulai digelar yakni: lomba eksekutif song dan seminar yang akan digelar di gedung Pogombo pada Senin pekan depan.

Ada banyak lomba yang dihelat selama Festival Literasi Sulawesi Tengah itu, mulai dari baca puisi, lomba sinopsis, hingga funbike.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas