TINJAU VENUE - TPP Koni Sulteng saat meninjau salah satu venue di Kabupaten Morowali. (Foto: Ist/ Media KONI Center)

Morowali, Metrosulawesi.id – Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Calon Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X-2026 KONI Sulawesi Tengah meninjau venue di kabupaten Morowali. Peninjauan ini bagian dari tindak lanjut KONI Morowali setelah mendaftar bidding tuan rumah Porprov X.

Peninjauan dilakukan langsung  Ketua TPP Muhammad Warsita pada Rabu (31/8/2022) didampingi Ketua Harian KONI Morowali Drs Samsi Laonu dan Kadispora dan Pariwisata Morowali, Drs Moh Adzan Dirimu M.,Si.

Beberapa venue yang ditinjau di antaranya adalah GOR Bola Voli Indoor Fonuasingko, stadion mini Fonuasingko yang bisa digunakan cabang olahraga atletik dan sepak bola, lapangan futsal, lapangan tembak Kodim 1311 Morowali, lintasan Balap Sepeda di Kawasan KTM Morowali, lapangan panahan, GOR Bulutangkis, Lapangan tenis di kawasan Rumah Jabatan Bupati Morowali dan Lapangan Basket di Islamic Centre Morowali.

“Jumlah venue yang kami tinjau minimal 30 persen atau 10 dari total venue yang digunakan untuk Porprov,” kata Warsita dikonfirmasi Metrosulawesi, Selasa (05/09/2022).

Dari peninjauan itu, Warsita mengatakan venue yang ditinjau perlu untuk dibenahi agar layak digunakan.

“Di antaranya perlu lapangan tenis Indoor, pembenahan lintasan atletik,¬† pembenahan lintasan balap sepeda, penambahan panjang lapangan tembak,” kata Warsita.

Proses bidding calon tuan Porprov X 2026 akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan Porprov IX Banggai sehingga saat penutupan sudah akan diserahkan bendera pataka Porprov dari tuan rumah Banggai ke tuan rumah selanjutnya.

“Dalam proses bidding nanti, Morowali akan memaparkan kesiapan mereka di hadapan KONI kabupaten/kota se Sulawesi Tengah dan akan disaksikan oleh Pengprov cabang olahraga,” imbuh Warsita

Sementara itu, Samsi Laonu mengatakan KONI Morowali bersama pemerintah sudah siap melaksanakan Porprov 2026 di Morowali.

“Yang kami rencanakan pembangunan sport center yang di dalamnya meliputi beberapa venue dalam satu kawasan. Juga hasil dari peninjauan KONI ini kami akan tindak lanjuti untuk dibenahi,” kata Samsi. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas