PENCETAK GOL - Murdaim, sang pencetak Gol Persipal BU menghadapi Sulut United menyapa penonton di Stadion Gawalise Palu, Minggu (04/09/2022). Persipal menang tipis 1-0 atas Sulut United. (Foto: Metrosulawesi/ Addi Pranata)
  • Raih Poin Penuh Usai Tundukkan Sulut United 1 – 0

Palu, Metrosulawesi.id Persipal BU memetik poin sempurna kala melakoni laga lanjutan penyisihan grup liga 2 wilayah Timur melawan Sulut United di stadion Gawalise Palu, Minggu (04/09/2022). Anak asuh Bambang Nurdiansyah menang dramatis 1-0 pada derby Sulawesi itu.

Gol kemenangan Persipal BU berhasil diciptakan oleh Murdaim di penghujung babak kedua. Tendangan spekulasinya dari sayap kiri tak mampu ditepis oleh kiper Sulut United untuk merubah skor jadi 1-0 tepat dimenit ke-91. Gol pemain kelahiran Donggala itu disambut riuh oleh penonton yang memadati stadion Gawalise.

“Terus terang saya terharu, ini tim dipersiapkan sangat singkat, tidak lebih dari 25 hari, rekrut terus seleksi. Bukan karena pelatihnya Banur, tapi karena berkat jerih payah para pemain yang tidak mau kalah di kandang,” kata Banur kepada Wartawan usai laga.

Kemenangan ini juga disyukuri Murdaim, sang pencetak gol perdana bagi Persipal BU di kompetisi liga dua. Laga kali ini juga debut Murdaim bersama Persipal BU. Ia tidak dimainkan saat laga perdana menghadapi Persiba. Pria kelahiran Donggala ini pun dimasukkan sebagai pemain pengganti pada pertengahan babak pertama.

“Terima kasih coach sudah mempercayakan saya. Kami juga sudah latihan shooting kemarin. Jadi memang tadi pas dapat peluang, langsung saya tendang,” ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Sulut United Jaya Hartono menyebut, anak asuhnya sudah bermain dengan baik hingga mendominasi jalannya permainan dibabak pertama. Namun ia merasa kecewa dengan beberapa keputusan wasit yang diakui sangat menjatuhkan mental anak asuhnya.

“Kami babak pertama memang bisa mendominasi jalannya pertandingan, setelah banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang merugikan kami, pemain Persipal itu jadi berani berbuat, karena selalu dilindungi,” kata Jaya Hartono.

“Kami selalu mengalah, kami selalu menerima keputusan wasit. Memang kami sejak dari awal menerima keputusan wasit, tapi keputusan kontroversial- kontroversial dari wasit itu membikin anak-anak tertekan,” tambah dia.

Pada laga ini, Sulut United memang memegang kendali di awal babak pertama. Maranando Lasut dkk terus menekan hingga mampu memberi ancaman ke gawang Persipal. Tim berjuluk Hiu Utara ini juga harus berterima kasih kepada Geril Kapoh di posisi penjaga gawang yang berhasil melakukan sejumlah penyelamatan gemilang.

Di sisi lain, strategi Banur dengan memasukkan langsung tiga pemain termasuk Murdaim, pertengahan babak pertama nyatanya berhasil memecah kebuntuan Persipal BU. Rotasi pemain itu terbukti efektif. Memainkan Murdaim di posisi bek kiri, dan menggeser Rifal ke posisi winger kiri mampu membawa angin segar bagi persipal. Sejumlah peluang emas berhasil diciptakan dengan skema serangan dari sayap kiri hingga akhirnya gol diciptakan oleh Murdaim. 

Dengan kemenangan ini, Persipal BU sementara memiliki 4 poin dari dua kali pertandingan. Banur menyebut, kemenangan ini jadi modal berharga bagi Tim berjuluk laskar Tadulako yang selanjutnya akan melakoni laga tandang menjamu Persewar Waropen.

“Alhamdulillah kami tiga poin, sehingga melangkah away kami lebih percaya diri, lebih confidence,” katanya. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas