SELEKSI - Pengurus Perbasi bersama peserta seleknas berswafoto bersama saat pembukaan patriots National selection di Gor Bumi Kaktus Palu, Senin (29/08/2022). (Foto: Ist/ Pusat Media KONI Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) menggelar seleksi nasional (seleknas) Indonesia Patriots di Gedung Olahraga Bumi Kaktus (GBK) Kota Palu sejak Senin 29 Agustus hingga Kamis 1 September 2022.

Dari 11 Kota, Palu merupakan Kota ke tujuh tempat pelaksanaan seleknas.

“Seleknas Indonesia Patriots kali ini  merupakan jalan mencari talenta basket terbaik di seluruh Indonesia. Dan ini peluang bagi anak muda yang menyukai olah raga bola basket melalui jalur seleksi,”  kata Sekjen PERBASI Pusat, Nirmala Dewi, Senin (29/08/2022)

Menurutnya, mereka yang memiliki hobi bola basket berkesempatan membela Indonesia di ajang internasional jika lolos dan memenuhi kualifikasi pelatih.

Para peserta akan dinilai oleh pelatih berkualitas dan memenuhi kualifikasi.

Proses seleksi melalui beberapa item seperti skill individual maupun pengetahuan bermain. Ukuran dan tinggi badan juga menjadi poin penting.

“Yang jelas 5 atlet yang lolos nanti  akan direview lagi di pusat,” ungkapnya.

Ketua Pengprov PERBASI Sulteng Imam Kurniawan Lahay sangat merespon pelaksanan Patriots National Selection di Kota Palu. 

“Ini sejarah baru bagi  Sulteng, sebagai daerah penyelenggara Seleknas,” kata Bonny sapaan akrabnya.

Capaian ini, tambah Bonny, tidak lepas dari partisipasi Pemprov Sulteng bersama KONI yang begitu perhatian terhadap perkembangan olahraga basket di bumi Tadulako.

Anggota DPRD Sulteng ini menambahkan, jika atlet-atlet yang ikut seleksi, tidak semata putra-putra terbaik daerah ini, namun ada dari beberapa provinsi seperti Sulawesi Barat, Gorontalo dan Kalimantan Utara.

“Olehnya teruslah  berlatih, tunjukan skill dan kemampuan, agar bisa masuk dalam radar Perbasi Pusat sebagai atlet yang potensial dan memiliki masa depan,” tandasnya.

Sementara Ketum KONI Sulteng, M Nizar Rahmatu, memberikan apresiasi kepada PP PERBASI Indonesia dan Pengprov PERBASI Sulteng atas pelaksanaan Seleknas Indonesia Patriots.

“Ini pertama kali. Semoga ajang seleknas ini menjadi triger dan pintu masuk lahirnya atlet atlet potensial Sulteng,” kata.Nizar.

Ia pun berharap, cabang olahraga  Basket bisa lolos di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Aceh-Sumut  Tahun 2024 mendatang.

Nizar juga mengungkapkan bahwa Gubernur Rusdy Mastura, telah mencanangkan program Sulteng 2024. Dimana setiap atlet peraih medali emas PON Aceh-Sumut akan mendapatkan bonus Rp 1 Miliar.

“Ini bentuk apresiasi dan komitmen pemerintah, karena olahraga bukan hanya bicara prestasi, namun menyangkut harkat, martabat dan harga diri daerah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Addi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas