MENERIMA PIALA - Pemenang dalam lomba pacuan kuda menerima piala setelah menenangkan lomba pacuan kuda yang digelar di Arena Pacuan Kuda Bora, Kabupaten Sigi, Ahad 28 Agustus 2022. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawes.id Lomba Pacuan Kuda Tadulako Cup 2022 yang digelar Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Sulawesi Tengah (Sulteng), berakhir Ahad 28 Agustus 2022.

Lomba yang digelar di arena Pacuan Kuda di Desa Bora itu memperlombakan kelas 1.600 masing-masing enam ekor kuda, masing-masing dari Sulbar, Sulsel dan Sulteng. Juara satu dalam kelas 1.600 ini diraih kuda asal Sulbar, R Dolan milik Bupati Polman, Aim Stanley.

Sementara juara dua diraih kuda asal Sulteng, Krueser milik Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid. Juara ketiga diraih kuda bernama Pele, pemilik Kapolda Sulbar.

Sementara itu untuk kelas bergengsi 1.400 dimenangkan kuda dari Sulteng, atas nama Kings Ton dari Ferari Stabel, pemilik Wendi Holik. Juara kedua didapat kuda Asakaf Kartini dari Sulut, pemilik Arian M Raden. Selanjutnya juara tiga diraih kuda Barbarosa Junior dari Sulbar, pemiliknya Andi Ibrahim Masda. Kelas ini diikuti empat ekor kuda. Pemenang berhasil membawa hadiah sebesar Rp15 juta dari Ketua DPRD Sulteng, Dr Hj. Nilam Sari Lawira.

Lomba acuan kuda di Desa Bora tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat, terutama pecinta kuda. Sayangnya, kegiatan tersebut kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah.

“Mohon kedepan kiranya Pemda maupun para sponsor yang lain, kiranya bisa berpartisipasi untuk membantu kegiatan seperti itu,” kata Wakil Sekretaris Pordasi Sulteng, Tauhid Lawira, Ahad 28 Agustus 2022.

Tidak hanya itu, dia juga meminta Pemda agar membantu perbaikan sejumlah fasilitas di lapangan arena Pacuan Kuda tersebut.

“Karena insyaallah Pordasi Sulteng akan meminta ke Pordasi Pusat untuk menjadi tuan rumah putaran Sulawesi untuk kelas derbi dan yg lainnya bisa dilaksanakan di Sulteng,” kata Tauhid.

Untuk kegiatan tersebut kata Tauhid, pihaknya sudah mendapat dukungan dari Pordasi Sulsel dan Sulbar, serta Gorontalo.

“Kami dari Pordasi Sulteng membutuhkan dukungan, suport dari Pemda Sulteng, agar bisa melaksanakan kegiatan tersebut,” kata Tauhid.

Seperti diketahui, lomba pacuan kuda Tadulako Cup 2022 tersebut dirangkaikan dengan Pesta Rakyat.

Ketua Pordasi Sulteng, Anjas Lamatata, menyampaikan, kegiatan lomba Pacuan Kuda Tadulako CUP 2022 dan Pesta Rakyat tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI.

“Rencananya, kegiatan Pesta Rakyat akan dilaksankan pada 25 sampai 28 Agustus 2022 dan Lomba Pacuan Kuda Tadulako CUP 2022 dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2022, di arena Pacuan Kuda Desa Bora, Kabupaten Sigi, Sulteng,” ujar Anjas, Selasa, 23 Agustus 2022.

Lomba Pacuan Kuda, Lanjut Anjas, memperbutkan total Hadiah Rp65 juta, dan diikuti dari Sulbar, Sulsel, Sulut dan Gorontalo. Pesertanya Se Sulawesi, dan perlombaan ini perdana digelar di Sulteng.

Sementara pesta rakyat kata Anjas dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti, Wisata Berkuda, Dokar Hias, Panjat Pinang, Panggung Budaya, Pemutaran Film sejarah, Pasar Murah, Kuliner Tradisional, UMKM dan Donor Darah.

“Kegiatan ini memang dilaksanakan selain untuk terus menggelorakan olahraga Berkuda di Sulteng, juga mengangkat budaya, prestasi, wisata dan ekonomi, untuk masyarakat Sulteng,” ungkapnya.

Anjas mengucapkan terima kasih atas suportnya, kepada Ketua DPRD Sulteng Hj. Nilam Sari Lawira, Danrem 132/Tadulako dan Polda Sulteng, serta seluruh yang terlibat.

“Semoga kedepannya banyak muncul kuda-kuda yang baik, joki terwadahi, dan olah raga berkuda menjadi olah raga yang merakyat serta bisa memunculkan atlet-atlet yang potensial,” tutupnya. (*)

Ayo tulis komentar cerdas