Sesi foto bersama pada momentum lauching New PLUT KUMKM beberapa waktu lalu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Kota Palu sebagai bentuk terobosan pelaku usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Eda Nur Ely mengatakan bahwa pihaknya telah merangkul sejumlah pelaku usaha, koperasi dan komunitas untuk menetap di fasilitas itu dengan menawarkan produk yang dimiliki.

“Kita pun berharap begitu seluruh UMKM yang datang harus jadikan PLUT KUMKM sebagai rumah mereka. Itu juga yang sangat diharapkan dari Kementerian,” kata Kadis saat ditemui Metrosulawesi di kantornya, Rabu (24/8/2022).

Dikatakan, desain PLUT KUMKM harus menjadi cikal bakal pelaksanaan tugas dan fungsi para UMKM untuk lebih optimal. Sehingga, kata dia, dapat meningkatkan dan mengundang khalayak ramai agar tetap hidup.

“Dinas juga akan terus berupaya membuat kegiatan-kegiatan yang memicu keramaian. Disamping itu, kehadiran New PLUT KUMKM ini diharapkan menjadi awal perubahan paradigma dan orientasi pengelola,” ujarnya.

New PLUT KUMKM juga diharapkan menjadi one stop service bagi pelaku usaha koperasi, wirausaha, UMKM. Artinya, mereka harus mendapatkan pendampingan usaha yang inklusif dan pemberdayaan lain secara komperhensif.

“Selanjutnya, kita harus meningkatnya jumlah KUMKM, wirausaha yang dilayani, UKM mendapat perizinan, akses pemasaran termasuk ke dunia digital, hingga akses pembiayaan termasuk KUR,” ujarnya menambahkan.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas