AUDIENSI - Bupati Sigi, Mohamad Irwan melakukan audiensi dengan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo di Jakarta. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi, Mohamad Irwan melakukan audiensi dengan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo di Ruang Kerja Menteri Pertanian (Mentan) RI, Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2022.

Dalam kesempatan itu Bupati Sigi, Mohamad Irwan menyampaikan berbagai program-program pertanian, perkebunan dan peternakan di Kabupaten Sigi kepada Menteri Pertanian RI itu.

Bupati Sigi menyampaikan terkait konsentrasi penanaman durian musang king, alpokat, manggis dan klengkeng kateki di beberapa kecamatan di Kabupaten Sigi yang nantinya akan menambah daya saing produksi perkebunan di wilayah itu.

Penting, kata dia pengembangan kawasan sayur organik dan pengembangan pasar hortikultura di Sigi.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan kawasan tanaman pangan atau integrated farming di Kabupaten Sigi.

“Hal ini tentunya perlu didukung dengan penyediaan benih tanaman pangan dan sarana prasarana tanaman pangan dari Kementerian Pertanian RI,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Sigi menyampaikan demi menunjang Ibukota Negara Baru nantinya, Kabupaten Sigi merehabilitasi lahan pasca bencana maupun jaringan irigasi tersier yang didukung dengan pembangunan jalan pertanian. Tak lupa juga terkait rencana pembangunan sektor peternakan, Bupati Sigi berencana untuk membangun rumah potong hewan modern.

Menteri Pertanian RI pun menyambut positif atas semua program dari Pemkab Sigi baik yang sudah berjalan maupun yang sudah diprogramkan. 

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berpesan agar pengembangan sektor pertanian maupun perkebunan harus mengedepankan asas CCAK (Cepat, Cermat, Akurat, Komersial).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu berharap agar Kabupaten Sigi dapat mempersiapkan minimal 1000 hektar lahan pertanian maupun 1000 hektar lahan perkebunan untuk diolah agar lebih produktif.

“Diperlukan konsentrasi pada konsep yang ditawarkan untuk membuat Kabupaten Sigi semakin berdaya saing ke depannya,” ujarnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas