Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura (kiri) menemui Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Gedung III Kantor Sekretarian Kabinet, Senin 22 Agustus 2022. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura menemui Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Gedung III Kantor Sekretarian Kabinet, Senin 22 Agustus 2022.

Pertemuan tersebut dalam rangka d meminta dukungan Kementerian Sekretariat Kabinet untuk ikut mengawal percepatan pembangunan Sulawesi Tengah melalui intervensi program kementrian dan lembaga.

Gubernur mengatakan, Sulawesi Tengah harus dipersiapkan menjadi daerah penyangga IKN. Sehingga banyak hal yang dipersiapkan termasuk infrastruktur untuk meningkatkan koneksitas distribusi arus barang menuju IKN.

Gubernur juga menyampaikan perlu dukungan untuk mempercepat pertumbuhan kesejahtraan masyarakat melalui program smart village dari Kementerian Daerah Tertinggal , Desa dan Transmigrasi. Selain itu perlunya dukungan percepatan pemulihan pascabencana Sulawesi Tengah.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mendukung percepatan pembangunan di wilayah Sulawesi Tengah untuk penopag ibu kota negara (IKN) baru. Sulteng, kata Pramono adalah pintu gerbang (serambi) IKN. Posisinya sangat strategis. Baik pada tahap pembangunan infrastruktur IKN dan penyangga pangan IKN nantinya.

Menyiapkan itu semua, Sulteng mesti pula mendapat dukungan menyiapkan dirinya sebagaimana tujuan Presiden Joko Widodo.

‘’Kami apresiasi langkah proaktif bapak gubernur. Pembangunan Sulteng menjadi prioritas, menyiapkan Sulteng sebagai penyangga IKN,’’ kata Seskab.

Sulteng, saat ini disiapkan sebagai kawasan pangan nasional (KPN), kawasan industri maritim halal dan penyuplai bahan infrastruktur IKN. Demikian juga dengan Sulteng yang memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang kini menjadi perhatian dunia. Baik nikel, emas, galian C, timah, perkebunan dan pertanian.

Pramono Anung berjanji akan menyampaikan pada presiden dan kabinet agar diprioritaskan pada tahun anggaran 2023. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas