DIBERSIHKAN - Kondisi bahu jalan nasional di KM4 yang sempat tertimbun longsoran material tanah beberapa waktu lalu, telah dibersihkan. (Foto: Ist)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Wakil ketua II DPRD Tolitoli H Muslimin mengapreasiasi pemeliharaan ruas Jalan Nasional (PJN) yang ditangani oleh Balai Wilayah XIV melalui PPK 1.3 Sulawesi Tengah.

Kepada media ini, Sabtu (20/8/2022), Muslimin menuturkan saat ini sebagian ruas dan bahu jalan yang ada di beberapa titik sudah mulai kelihatan terkelupas dan ditumbuhi rumput belukar.

Sehingga, kata dia memerlukan perawatan berkala agar tidak memperparah kondisi ruas jalan tersebut dan jika terus dibiarkan akan berdampak pada keselamatan pengendara sebagai pengguna jalan. 

“Tempo hari kami lihat ada beberapa badan jalan yang telah aus dan dan sedikit berlubang,namun kini lubang jalan tersebut sudah ditambal kembali. Begitu juga dengan bahu jalan telah dibenahi kembali serta¬† rerumputan juga sudah dibersihkan sepanjang pinggiran jalan,” jelasnya.

Muslimin menambahkan kondisi cuaca ekstrem yang kerap melanda Tolitoli akhir-akhir ini seperti bencana banjir serta tanah longsor disinyalir menjadi pemicu rusaknya infrastruktur jalan yang dibangun oleh pemerintah.

Dia mencontohkan seperti bencana tanah longsor akibat derasnya hujan yang mengakibatkan abrasi yang terjadi di KM4 di Kecamatan Baolan tempo hari, mengakibatkan material reruntuhan tanah menutupi bahu jalan. Bahkan melebar sampai ke separuh badan jalan.

Sehingga hal  itulah kerap menjadi rawan kecelakaan oleh pengguna jalan. Namun kini semua sudah dibersihkan oleh pihak PJ.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dari balai jalan nasional wilayah XIV Sulawesi Tengah yang dengan tanggap mengatasi kerusakan badan jalan maupun bahu jalan,” jelasnya.

Sementara itu Amir, pengawas ruas jalan yang ditangani PPK.1.3 mengatakan, pemeliharaan ruas jalan tersebut adalah sifatnya swakelola. Namun meski demikian, pihaknya akan terus memberikan hasil maksimal dalam pekerjaan sehingga masyarakat khususnya pengguna jalan yang berkendara bisa merasa aman dan nyaman saat beraktivitas.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas