TES URINE - Kepala SMPN 7 Palu, Masaat, saat meyaksikan pelaksanaan tes urine di sekolah, belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Negeri 7 Palu bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Palu melaksanakan tes urine kepada seluruh siswa sekolah tersebut. Kegiatan itu dalam rangka mencegah penyebaran penggunaan narkoba di kalangan pelajar.

Kepala SMPN 7 Palu, Masaat mengatakan, kegiatan tes urine ini memang rutin dilaksanakan, karena sebelumnya pihak sekolah menemukan sejumlah siswa yang positif menggunakan narkoba. Olehnya itu, untuk mencegah penyebaran narkoba di sekolah yang dipimpinnya, maka salah satu yang harus rutin dilaksanakan adalah tes urine maupun razia kepada para siswa yang dicurigai terpapar narkoba.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Palu yang telah melaksanakan tes urine kepada para siswa. Semoga dengan kegiatan ini bisa rutin dilakukan oleh Dinkes, hal ini untuk kebaikan kita bersama, sehingga nantinya kita bisa bersama-sama dalam mencegah penyebaran narkoba pada kalangan pelajar di Kota Palu,” kata Masaat, melalui ponselnya, belum lama ini.

Masaat mengatakan, bahwa sekolahnya harus banyak mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah dalam menecegah penyebaran narkoba di sekolah. Sebab untuk melaksanakan tes urine harus melalui orang-orang kesehatan maupun pihak BNN Kota Palu.

“Kami sangat tegas dengan masalah narkoba di sekolah, makanya kami rutin melaksanakan razia kepada para siswa maupun lainnya. Kami juga sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Narkoba di sekolah, mereka bertugas untuk mengontrol para siswa maupun pihak lainnya yang datang ke sekolah,” imbuhnya.

Kata Masaat, jika memang ada siswa yang kedapatan menggunakan narkoba, langsung dikirim kepada pihak BNN Kota Palu untuk melaksanakan rehabilitasi, setelah itu baru kembali mengikuti pendidikan di sekolah.

“Semoga anak-anak kami di SMPN 7 Palu bisa terjaga dari peredaran narkoba, kami begitu kasihan melihat jika ada pelajar yang terpapar. Olehnya itu, butuh kerja keras dalam hal memerangi narkoba. Kami berharap semua pihak terkait seperti BNN maupun Dinkes dapat membantu dalam melakukan tes urine,” imbuhnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas